SISTEM KENDALI KOMPOR GAS OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

  • Febriyanto Febriyanto
Keywords: Arduino, Sensor Gas, SIM800L

Abstract

Kompor gas merupakan alat masak untuk rumah tangga yang tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia kompor gas telah banyak digunakan dalam keperluan sehari-hari khususnya dalam memasak. Dengan meningkatnya jumlah penggunaan gas dalam kehidupan, maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya kebakaran yang disebabkan gas LPG (Liquid Petrolium Gasses). Skripi ini bersikan tentang sistem kendali kompor gas otomatis menggunakan arduino uno. Fitur yang ada dalam sistem tersebut antara lain Arduino sebagai kontroller, sensor gas sebagai pendeteksi kebocoran gas dan SIM800L sebagai SMS gateway. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah sistem kendali kompor gas otomatis menggunakan arduino uno sehingga dapat membantu pengguna kompor dalam mengendalikan dan mengetahui keadaan kompor.

References

Permana, Ek,. “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Ruangan Bagian Pembukuan Berbasis Web Meggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3”, Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Issn: 2252-4517, 4, 2018

Permana, Eka,” Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Ruangan Bagian Pembukuan Berbasis Web Meggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Issn: 2252-4517, 5, 2018.

Rahmatika, Venya, “Rancang Bangun Sistem Pengaturan Kompor Gas Dengan Menggunakan Arduino Berbasis Android”. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikas,14-15, 2017.

Rahmatika, Venya, “Rancang Bangun Sistem Pengaturan Kompor Gas Dengan Menggunakan Arduino Berbasis Android”. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikas,15-18, 2017.

Rahmatika, Venya, “Rancang Bangun Sistem Pengaturan Kompor Gas Dengan Menggunakan Arduino Berbasis Android”. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikas,19-24, 2017.

Shintia, Debby, “Deteksi Kebocoran Gas Menggunakan Modul Arduino Dan Gsm (Global System For Mobile Communicaton) Dengan Peringatan Melalui Sms (Short Message Service)”, 8, 2019.
Published
2021-07-04