RANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAPITULASI PENERIMAAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) BERBASIS WEB PADA KOORDINATOR WILAYAH DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KECAMATAN KUANTAN HILIR

  • Luli Prapanca Sari
Keywords: Rekapitulasi, Program Indonesia Pintar, Dana

Abstract

Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Kuantan Hilir adalah sebuah instansi yang bergerak di bidang pendidikan. Pada Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Kuantan Hilir ini sistem rekapitulasi dana Program Indonesia Pintar yang sedang berjalan sudah terkomputerisasi tetapi belum maksimal karena rekapitulasi dana Program Indonesia Pintar yang berjalan pada saat ini yaitu dengan cara mencatat data Program Indonesia Pintar, merekap data Program Indonesia Pintar, serta membuat laporan rekapitulasi masih dilakukan secara satu persatu yang mengakibatkan kurangnya keakuratan, kemudian dalam penyusunan laporan rekapitulasi dana Program Indonesia Pintar yang berjalan pada saat ini yaitu dengan cara membuat laporan rekapitulasi pada Microsoft Excel berdasarkan file laporan dari setiap sekolah, karena banyak nya jumlah file yang yang diterima oleh bagian keuangan maka dalam pembuatan laporan rekapitulasi menjadi tidak tepat waktu. Dengan demikian, adanya kebutuhan informasi yang semakin lama semakin meningkat, maka diperlukan sistem yang baik agar memudahkan semua proses. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Rekapitulasi Penerimaan Dana Program Indonesia Pintar (PIP) berbasis web. Dengan adanya sistem ini dapat mempercepat proses rekapitulasi dana Program Indonesia Pintar (PIP).

References

“Permendikbud Nomor 10 tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar “

“Undang Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Dan Kehutanan,” Pasal 1.

Benz Edi Kusuma, ”Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Berbasis WEB di Universitas Pelita Harapan,” Jurnal ISD, vol. 3, no. 1, pp. 71-78, 2018.

E. M. S. Rochman and A. Rachmad, “Aplikasi Pencatatan Kegiatan PNPM Mandiri Berbasis Web (Studi Kasus : Kecamatan Kamal - Bangkalan),” J. Sist. Inf., vol. Volume.2, pp. 29–33, 2015.

F. Yunita, S. Satmoko, and W. Roessali, “Implementasi Peran dan Fungsi Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) di Kabupaten Magelang,” vol. 2, no. 1, pp. 109–116, 2018.

Febri Haswan dan Helpi Nopriandi (2020). “Perancangan Model Sistem Informasi Penjualan Batik Kuansing”. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Volume VI. No.2. P-ISSN 2442-2436. E-ISSN: 2550-0120

Rohman, A., & Lamsuri, M, “Memahami pendidikan & ilmu pendidikan. LaksBang Mediatama bekerja sama dengan Kantor Advokat" Hufron & Hans Simaela".

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
Published
2021-07-04