PERANCANGAN PROTOTYPE GORDEN OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

  • M. Abdul Aziz
Keywords: Prototype Gorden Otomatis, Arduino Uno, Sim800l

Abstract

Prototype Gorden Otomatis Menggunakan Arduino Uno menjadi salah satu Inovasi penting dalam membantu aktivitas membuka dan menutup gorden.sering kali masih banyak orang yang lupa untuk membuka atau menutup gorden karena kesibukan sehari-hari. Maka banyak yang telah mencoba membuat alat dengan tujuan untuk meringankan perkerjaan manusia, dengan mengandalkan mikrokontroler untuk menjadi otak dari rangkaian-rangkaian otomatis yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun prototype pembuka gorden otomatis menggunakan sensor cahaya berbasis mikrokontroler. Dan dalam pengembangan aplikasi, penulis akan menggunakan metode prototype yang biasa digunakan dalam pengembangan sistem otomatisasi. Serta menggunakan alat-alat penelitian, seperti Laptop/Komputer, Mikrokontroler (Arduino Uno), Sensor Cahaya (LDR), Motor Servo, Adaptor dan Sim800l. Dan hasil dari penelitian ini berupa prototype yang sudah dapat dijalankan, dengan menggunakan sensor cahaya (LDR) yang membaca adanya cahaya ataupun sebaliknya lalu menggerakkan motor servo membuka ataupun menutup dan apabila sudah tertutup akan mengirim notifikasi pesan ke nomor yang dituju.

References

Ahmad, A,N. dan Dharmawan, A., “Purwarupa Sistem Otomasi Buka Tutup Tiras Berbasis Light Dependent Resistor”, IJEIS, Universitas Gagjah Mada, Yogyakarta (2011).

Azizah, N.A., Andi, A., 2011 Purwarupa Sistem Otomatis Buka Tutup Tirai Berbasis Light Dependent Resistor, ISSN: 2088- 3714

Lidiawati, W., Pranoto, L, M., Waslaluddin. dan Hidayat, J., “Otomatisasi Lampu , Tirai, dan Kipas Angin Menggunakan Mikrokontroler untuk Menghemat Energi Listrik, Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi”, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (2013).

Marsidi, C.D. dan Kusmindari., “Pengaruh Tingkat Kelembaban Nisbi Dan Suhu Ruang Kelas Terhadap Proses Belajar”, Jurnal Ilmiah TEKNO, Universitas Bina Darma, Palembang (2009).

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KEPMENKES) Nomor 1405/Menkes/SK/XI/2002 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, Jakarta (2002).

Nainggolan, H. dan Yusfi, M., “Rancang Bangun Sistem Kontrol Suhu dan Kelembaban Relatif Pada Ruangan dengan Menggunakan Motor DC Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535”, Jurnal Fisika Unand (JFU), Jur. Fisika Unand, Padang (2013).
Published
2021-07-04