PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (P3M) PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Maida Qalvini Resli
Keywords: Pengaduan, Pelayanan, Sistem, Informasi

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kabupaten Kuantan Singingi adalah instansi pemerintahan yang menanggani permasalahan tentang pengaduan seperti masalah pelayanan informasi publik, masalah ketersediaan sarana dan prasarana masyarakat untuk mengakses infromasi publik dan masalah pengaduan pelayanan publik. Instansi pemerintahan ini belum memiliki sistem yang terkomputerisasi sehingga sangat kesulitan dalam menemukan laporan yang dialami oleh masyarakat tentang pelayanan yang tidak maksimal terhadap masyarakat yang membutuhkan surat dan sebagainya. Dengan tidak adanya sistem yang terkomputerisasi sehingga masyarakat akan kesulitan dalam mengadukan masalah tersebut. Dikarenakan sistem pengaduan pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kabupaten Kuantan Singingi masih dilakukan secara manual dengan mengisikan formulir pengaduan sehingga pada zaman sekarang ini tidak efektif lagi digunakan dan dirasakan cukup sulit bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan terhadap layanan yang ada pada kantor-kantor pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan sulitnya bagi pimpinan pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi dalam menilai tingkat keberhasilan terhadap layanan yang ada pada kantor-kantor pemerintahan. Maka dengan adanya sistem yang terkomputerisasi dapat diterapkan akan lebih mudah dalam mendapatkan data-data yang dibutuhkan oleh pimpinan pemerintahan untuk menganalisis tingkat keberhasilan pelayanan para pegawai pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi. Menghasilkan sistem yang semulanya manual menjadi sistem yang terkomputerisasi. Memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pengaduan pelayanan yang kurang baik. Menghasilkan sistem yang memberikan kemudahan dalam melaporkan data pengaduan masyarakat kepada kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kabupaten Kuantan Singingi. Menghasilkan sistem yang dapat menyimpan data dengan baik tanpa membutuhkan tempat penyimpanan yang begitu besar.

References

Anisah and Kuswaya (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengeluaran, Penggunaan Bahan Dan Hutang Dalam Pelaksanaan Proyek Pada Pt Banamba Putratama. Jurnal SIMETRIS. Vol 8. No 2. ISSN: 2252-4983

Ariyadi (2018). Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Sudut Pandang Islam. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Volume 1 Issue. e – issn : 2655-7460

C. Firmansyah and C. Tohir (2018). Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Lingkup Desa Gunung Tanjung Berbasis Web Dan Sms Gateway Dengan Metode Antrian Fifo. JUMANTAKA. Vol 01. No 01. PISSN: 2613-9138 – EISSN : 2613-9146

F. Ayu and N. Permatasari (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian. Jurnal Intra-Tech. Volume 2. No.2. ISSN. 2549-0222

M. A. Hayubi, Z. Arifin and F. Hasyim (2016). Sistem Informasi Pengecekan Dan Monitoring Laboratorium Komputer di STTNJ Berbasis Android Dan Web. Prosiding SENTIA. Politeknik Negeri Malang Volume 8. ISSN: 2085-2347

N. A. Rahmawati and A. C. Bachtiar (2018). Analisis dan perancangan desain sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 14. No. 1. DOI: 10.22146/bip.28943. ISSN 1693-7740 (Print). ISSN 2477-0361 (Online). Hal. 76-86
Published
2021-07-04