RANCANG BANGUN APLIKASI E-ADUAN LAYANAN MASYARAKAT KECAMATAN KUANTAN MUDIK (STUDI KASUS : POLISI SEKTOR KUANTAN MUDIK)

  • Mardius Mardius
Keywords: Aplikasi E-Aduan, Elektronik Pengaduan, Polisi Sektor

Abstract

Pengaduan merupakan pemberitahuan disertai permintaan oleh pihak yang berkepentingan kepada pejabat yang berwenang untuk menindak menurut hukum seorang yang telah melakukan tindak pidana aduan yang merugikan. Orang yang melakukan pengaduan menjadi syarat dalam melakukan penuntutan tindak pidana tersebut. Kecamatan Kuantan Mudik tercatat memiliki riwayat kerap mengalami masalah kriminalitas, kecelakaan, bencana alam dan menelan korban jiwa. Banyak pengaruh atau kerugian-kerugian yang didapatkan akibat dari kriminalitas, kecelakaan, kebakaran hutan dan lain-lain, hal ini bisa saja terjadi karena kurang tanggapnya masyarakat dalam melaporkan setiap peristiwa yang terjadi didaerahnya. Hasil dari penelitian ini Rancang Bangun Aplikasi E-Aduan Layanan Masyarakat Kecamatan Kuantan Mudik ( Studi Kasus : Polisi Sektor Kuantan Mudik) dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat melaporkan setiap peristiwa yang terjadi didaerahnya hanya dengan menggunakan smartphone.

References

A. Saputra, M. I. Herdiansyah, D. Udariansyah, F. I. Komputer, and U. B. Darma, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-REPORTING LAYANAN MASYARAKAT Bina Darma Conference on Computer Science 2019,” pp. 151–162, 2019.

Arsya Yoga Pratama, Iman Adi Prabowo, Alifa Normassari and I. Ekonomi, “APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK MELAPORKAN KEJADIAN PUNGUTAN LIAR DI KABUPATEN KUDUS BERBASIS ANDROID.”vol. 8, no 2 pp 225-498, 2017.

F. Nurcahyono, “Pembangunan Aplikasi Penjualan Dan Stok Barang Pada Toko Nuansa Elektronik Pacitan,” vol. 4, no. 3, pp. 15–19, 2012.

H. Abdurahman, A. R. Riswaya, and A. Id, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti,” Apl. Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.

K. I. Santoso and M. N. Rais, “Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kabupaten Temanggung Berbasis Android dengan Global Positioning System (GPS),” Sci. J. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 29–40, 2016, doi: 10.15294/sji.v2i1.4526.

M. A. Anwar Sadat, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Dalam Menghadapi Pengaduan Masyarakat Di Polsek Medan Baru,” J. Publik Reform Undar Medan, vol. 3, no. 1, pp. 298–337, 2018.
Published
2021-07-04