RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA COVID-19 BERBASIS ANDROID : STUDI KASUS RSUD KUANTAN SINGINGI

  • Mei Monica Utari
Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Android

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, sebagian masyarakat tidak peduli terhadap kesehatan tubuhnya dan terlambat mendiagnosis sehingga banyak penyakit atau virus yang menyerang tubuhnya. Salah satunya di masa pandemi covid-19 dimana vrius ini banyak menyerang kesehatan masyarakat. Untuk itu perlu dibuatkan aplikasi sistem pakar dignosa covid-19 bagi masyarakat sebagai sarana awal dalam  mengatasi permasalahan gejala yang di alami.Dalam melakukan penelitian ini, melakukan metode wawancara dengan dokter sekaligus juru bicara covid-19 di teluk kuantan, walaupun wawancara yang dilakukan secara online, tetapi dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan. Aplikasi ini berjalan pada perangkat mobile dalam sistem operasi Android.Dengan adanya penelitian ini maka dihasilkan sebuah sistem pakar diagnosa covid-19, sistem pakar ini akan mengeluarkan hasil yang didiagnosis dari gejala yang dipilih.

References

C. Winanda, S. Enggari, and V. Ariandi, “Perancangan sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dalam Berbasis Android,” J. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2016, [Online].Available: http://lppm.upiyptk.ac.id/pti/index.php/pti/article/download/47/30.

G. A. F. Suwarso, G. S. Budhi, and L. P. Dewi, “Sistem Pakar untuk Penyakit Anak Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Infra, vol. 3, no. 2, p. 18, 2015.

J. I. Komputer, F. Matematika, D. A. N. Ilmu, and P. Alam, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Virus Pada Anak-Anak Menggunakan Metode Backward Chaining Dan Certainty Factor Berbasis Android,” 2016.

L. S. Lesmana, “Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Pasien Yang Terinfeksi Virus Mers Cov ( Studi Kasus Di Rsup M.Djamil Padang),” CBIS J., vol. 3, no. 2, pp. 49–65, 2015.

M. A. Shereen, S. Khan, A. Kazmi, N. Bashir, and R. Siddique, “COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses,” J. Adv. Res., vol. 24, pp. 91–98, 2020, doi: 10.1016/j.jare.2020.03.005.

V. M. Ardiansyah, N. C. Wibowo, and A. B. Putra, “Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Bawang Merah Menggunakan Metode Forward Chaining ( Studi Kasus : Program Studi Sistem Informasi Upn ‘ Veteran ’ Jawa Timur ),” J. Sist. Inf. Dan Bisnis Cerdas, vol. 10, no. 2, pp. 61–73, 2017.
Published
2021-07-04