APLIKASI KAMUS BAHASA DAERAH TELUKKUANTAN BERBASIS ANDROID

  • Nur Ayumi Siregar
Keywords: Kamus Bahasa Daerah, Telukkuatan, Android

Abstract

Bahasa daerah merupakan bahasa tradisional di sebuah daerah yang menjadi warisan turun temurun bagi masyarakat pemakai di tempat bahasa itu digunakan. Seiring pergeseran status wilayah Telukkuantan yang kini menjadi Ibukota menyebabkan penggunaan bahasa daerah mengalami penurunan penggunaan dalam komunikasi sehari - hari. Media kamus untuk menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Telukkuantan dapat menjadi solusi untuk mengenalkan bahasa daerah Telukkuantan. emudian kamus ini di aplikasikan ke dalam media Android. Android merupakan sistem operasi bersifat open source berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layer sentuh seperti telepon pintar. Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Telukkuantan berbasis Android ini sangat praktis dan mudah digunakan sebagai pedoman awal untuk menerjemahkan kata-kata dari bahasa daerah yang tidak dimengerti oleh Masyarakat Dan dapat diakses oleh smua pengguna dimana saja dan kapan saja tanpa harus online. Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Telukkuantan berbasis Android dibangun dengan menggunakan platform Android Studio dengan bahasa pemrograman Java dan hanya dapat diimplementasikan pada smartphone android. Yang mana setiap generasi sudah pasti dekat dengan smartphone.

References

Berlianty. T, Balik. A, “Penguatan Eksistensi Bahasa Tana dalam Upaya Perlindungan Hukum Bahasa Daerah sebagai Warisan Budaya Bangsa”, Jurnal Kertha Patrikha, Vol.40, No.2, 99-111, Agustus 2018.

Rahman. Astuty, “Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamata Lamba-Leda Kabupaten Manggarai Timur”, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol.3, No.2, pp.7-79, Desember 2016.

Ratnasari, D., Qur’ani, B.D., & Apriani, “Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android”, Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol.3, No.1,36, 2018

S.Surahman, & E.B.Setiawan, “ Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan”.ULTIMA InfoSys,Vol.3,No.1, hal. 36, Juni 2018.

Safitri, Auzar, Husnah. A R., “Infleksi Bahasa Melayu Riau Dialek Kuantan Singingi Kecamatan Gunung Toar”, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia. UNRI. 3-4.
Published
2021-07-05