PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS ANDROID

  • Oktavia Zelina
Keywords: Alat Musik Tradional, Pembelajaran, Sejarah

Abstract

Alat musik tradisional adalah alat-alat musik yang berkembang secara turun-temurun pada suatu daerah yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah asal berkembangnya alat musik tersebut.Fungsi alat musik daerah tidak hanya sebagai pengiring sebuah pertunjukan, tetapi beberapa alat musik daerah ini ternyata memiliki fungsi sebagai bukti sejarah maupun sarana edukasi bagi masyarakat khususnya kaum pelajar. Keragaman alat musik tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi sangat beragam-ragam, dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, antara lain alat musik tiup, alat musik petik, alat musik gesek dan alat musik pukul, dimana akan menyulitkan masyarakat untuk mengenalinya dan proses pengenalan alat musik tradisional pun masih bersifat manual yaitunya kita harus mengunjungi perpustakaan daerah dan mengunjungi orang tua-tua dahulu untuk mendapatkan informasi, dimana dengan proses ini kita akan menghabiskan waktu dan biaya yang lebih banyak.

References

Elisa E, “Pengertian Aplikasi,” pp. 7–35, 2016, [Online]. Available: http://edel.staff.unja.ac.id/blog/artikel/Pengertian-Aplikasi.html.

G. Dewi and L. Nur, “Gina Dewi Lestari Nur, 2014 Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,” Yoanda Amallya, pp. 2008–2010, 2014.

I. Gusti, M. Karmawan, T. Udoyono, I. Ernala, K. Jurusan, and K. Akuntansi, “Analisis Dan Perancangan Basis Data Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada Pt. Swari Andini,” pp. 1–14, 2000, doi: 10.1016/j.brainres.2011.03.071.

S. N. S. Irnanningrat, “Peran Kemajuan Teknologi Dalam Pertunjukan Musik,” Invensi, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.24821/invensi.v2i1.1802.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.
Published
2021-07-05