SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SEBARAN KASUS COVID-19 DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Panji Anugrah
Keywords: Covid-19, Web, Sistem Informasi Geografis, PHP, Leaflet Javascript

Abstract

Saat ini masyarakat Kabupaten  Kuantan Singingi hanya mendapat informasi mengenai sebaran kasus covid-19 hanya melalui media sosial. Masyarakat Kabupaten  Kuantan Singingi kurang mengetahui kerentangan wilayah yang terpapar covid-19, karna masyarakat hanya melihat informasi melalui media sosial yang mana peta sebarannya hanya berupa foto. Permasalahan lainya yaitu untuk proses pelaporan dari Fasyankes ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi masih menggunakan cara manual, yang mana cara ini masih kurang efesien, baik dalam mengolah data maupun pengarsipan data. Dari permasalahan tersebut penulis membuat sebuah sistem informasi geografis sebaran kasus covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi, sistem ini dibuat agar proses pelaporan dari Fasyankes ke Dinas Kesehatan dapat dilakukan secara online. Dan dari pengolahan data dari laporan tersebut dapat dituangkan ke sistem informasi geografis sebaran kasus covid-19 agar masyarakat dapat mengetahui kerentangan suatu daerah. Dan juga membantu Pemerintah dalam mengambil keputusan untuk langkah pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi.

References

Adityo Susilo, C. M. (2020). Corona Virus Disease. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 45-67.

Angga Prasetyo, N. R. (2015). Implementasi Sistem Informasi Geografis Dan Data Center Untuk Pemetaan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Di Kabupaten Ponorogo . Jurnal Ilmiah, 1-7.

Hamidi. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah . Jurnal Masyarakat Informatika, 1-14.

Nofri Wandi Al-Hafiz, F. H. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi . Jurnal Instek, 1-10.

Putu Kurniawan Adi Krisna, I. N. (2014). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Berbasis Web . Merpati Vol 2, 271-279.

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan . Jurnal Teknologi Informasi Esit Vol. Xii, 8-22.

Ummi Athiyyah Yuniarti, B. S. (2014). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue Berbasis Web (Studi Kasus : Kabupaten Kudus) . Jurnal Geodesi Undip , 111-123.
Published
2021-07-05