SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN PENYEBAB RENDAHNYA KUALITAS BOKAR (BAHAN OLAH KARET RAKYAT) PADA CV PANDU PRATAMA

  • Ramos Putri Melati
Keywords: Penentuan Gejala, Penyakit Karet, Sistem Pakar

Abstract

Rendahnya produksi karet rakyat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu penyebabnya adalah gangguan dari berbagai faktor. Membangun sistem (komputer) yang cerdas untuk menganalisis masalah, mengamati sistem kerja seorang pakar. Keahlian berasal dari pengembangan pengetahuan seseorang yang kompeten dan langsung memberikan instruksi untuk menyelesaikan suatu masalah. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang menentukan sesuatu yang tidak pasti. Untuk menerapkan ini ke sistem pakar, diperlukan data yang akan dimasukkan ke dalam sistem, diproses dan ditampilkan hasil penentuan rendahnya kualitas karet. Input data ciri fisik karet dan data kualitas karet. Proses melakukan analisis dan perhitungan untuk mendapatkan hasil penentuan. Keluaran informasi tentang penentuan kualitas karet dan persentase tingkat kepercayaan dalam hasil penentuan sesuai dengan aturan metode Faktor Kepastian.

References

Rofiqoh, Siti., Dedi Kurniadi., dan Andi Riansyah., 2020. “Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Penyakit Tanaman Karet”, Jurnal Sultan Agung Fundamental Research journal, Vol.1, No.1, Januari 2020

Yudho, Wisnu Untoro.,2009. “Sistem Pakar Penentuan Kualitas Bibit Pohon Karet Menggunakan Metode Forward chaining”, Jurnal Majalah Ilmiah INTI,Vol.12,No.1,Mei 2020.

Suhartono, 2011. “Sistem Pakar Penentuan Kualitas Bibit Pohon Karet Menggunakan Metode Forward chaining”, Jurnal Majalah Ilmiah INTI,Vol.12,No.1,Mei 2020.

Ardianto, Wahyu., 2012. “Sistem Pakar Penentuan Kualitas Bibit Pohon Karet Menggunakan Metode Forward chaining”, Jurnal Majalah Ilmiah INTI,Vol.12,No.1,Mei 2020.

Mulyadi, 2016. Audit 2, Edisi ke-6. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Published
2021-07-05