PENERAPAN FUZZY LOGIC TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN PRODUKSI MINYAK MENTAH (CPO) PADA PT. TRI BAKTI SARIMAS

  • Teddy Nasastra
Keywords: Metode Fuzzy Mamdani, PHP MySQL, Permintaan, Persediaan, Produksi

Abstract

Keuntungan yang maksimal diperoleh dari penjualan yang maksimal. Penjualan yang maksimal yaitu yang dapat memenuhi permintaan-permintaan yang ada. Adanya penentuan jumlah produksi yang direncanakan untuk memenuhi tingkat produksi guna memenuhi tingkat penjualan yang direncanakan atau tingkat permintaan pasar. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah produksi, antara lain: jumlah persediaan dan jumlah permintaan. Jumlah permintaan dan persediaan merupakan suatu ketidakpastian. Logika fuzzy merupakan salah satu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian. Salah satu metode aturan fuzzy adalah Tsukamoto, yaitu metode yang sering digunakan untuk membangun sebuah sistem yang penalarannya menyerupai instuisi atau perasaan manusia. Proses perhitungannya cukup kompleks sehingga membutuhkan waktu relatif lama, tetapi metode ini memberikan hasil dengan nilai ketelitian yang cukup tinggi. PT. Tri Bakti Sarimas merrupakan suatu perusahaan yang melakukan produksi dalam jumlah besar setiap harinya. Oleh karena itu, perencanaan jumlah minyak mentah sangatlah penting. Agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat dan dengan jumlah yang sesuai. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan perusahaan dapat memberikan kemudahan bagi pihak perusahaan untuk memprediksi jumlah produksi berdasarkan jumlah permintaan dan data persediaan yang ada, agar dapat mencapai keuntungan yang maksimal.

References

A.S, Rosa, M. Shalahuddin. (2011),Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung : Penerbit Modula.

Amelia, Rizky, (2013). Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Penentuan Harga Jual Barang Dalam Konsep Fuzzy Logic. Pelita Informatika Budi Darma. Vol. V No. 2 Desember 2013.

Dwi, Srikusuma, Hartati, Sri & Purnomo, Hari. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Jurnal STMIK Budidarma Medan Vol.V No. 2 2013.

Hepyan, Cecep Lupi., Erwin, Gunadhi, & Rina, Kurniawati. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Penjualan Obat Pada Apotek Mulya Abadi, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut Vol 9 No. 1 2012.

Juliansyah, Andrian (2015). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Unutk Memprediksi Hasil Produksi Kelapa Sawit. Pelita Informatika Budi Darma Vol. IX No. 3 April 2015.

Mardison. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pencarian Kredit Nasabah Bank Dengan Menggunakan Logika Fuzzy Dan Bahasa Pemrograman Java, Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan Vol.5 No.1 Maret 2012.

Peranginnangin, Kasiman. (2006). Aplikasi WEB Dengan PHP Dan MySQL, Yogyakarta: Andi.

Sovia, Rini,. Jimmy, Febio. (2011). Membangun Aplikasi E-library Menggunakan HTML, PHP SCRIPT dan MySQL Database, Jurnal Teknologi & Pendidikan Vol 3 No. 1 Maret 2011.

Sulistyorini, Prastuti. (2009). Pemodelan Visual Dengan Menggunakan UML dan Rational Rose, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Vol XIV, No. 1 Januari 2009.

Sutojo, T,.Edy, Mulyanto, & Vincent, Suhartono.(2011), Kecerdasan Buatan, Yogyakarta : Andi.

Utomo, Andy Prasetyo. (2013). Analisa Perancangan Sistem Informasi Parkir Di Universitas Muria Kudus, Jurnal Simetris Vol 3 No. 1 April 2013.
Published
2021-07-05