ANALISA PERBANDINGAN KINERJA CCTV DVR DENGAN CCTV PORTABLE MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID SECARA ONLINE

  • Addinal Ahda
Keywords: CCTV, Smartphone, Monitoring, Android

Abstract

CCTV (Closed Circuit Television) adalah sistem pengawasan atau monitoring suatu kawasan menggunakan kamera video yang dipasang ditempat-ditempat tertentu, dirangkai menjadi sebuah jaringan tertutup dan dapat dipantau dari sebuah ruang monitoring. Di sisi lain, perkembangan perangkat mobile semakin mengalami kemajuan dan marak  digunakan seperti smartphone. Kemudahan untuk dibawa dan beragam aplikasi yang tersedia serta harga yang terjangkau menyebabkan perangkat mobile ini makin diminati oleh masyarakat pada saat ini. Selain itu adanya koneksi internet yang murah dan terjangkau semakin membuat perangkat ini seolah-olah menjadi barang yang harus dimiliki. Pada era kemajuan teknologi informasi saat ini kebutuhan akan informasi dan komunikasi yang cepat dan up to date sangatlah dibutuhkan untuk menunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari. Berangkat dari permasalahan itu, maka muncul suatu ide untuk menganalisa perbandingan antara CCTV DVR dengan CCTV Portable secara online dengan menggunakan smartphone monitoring CCTV sehingga akan memudahkan pihak usaha untuk monitoring dari jarak jauh.

References

Adafruit. 2014. Passive Infrared Receiver (PIR). Stikom : Bagian Institut Bisnis & Informatika.

Aroni dkk. 2014. Digital Video Recording (DVR). Yogyakarta : PT.Gramedia.

Azanuddin dan Efori Buulolo, 2017. “Aplikasi View Remote Camera CCTV dengan Android Untuk Monitoring Kegiatan Mahasiswa di Laboratorium Komputer pada STMIK Budidarma Medan”. Jurnal Teknology Informatika dan Sistem Komputer, Vol. 1, No. 1:1-5.

Dedy Ashardi, 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Pemantau Ruangan Melalui Kamera Ip Menggunakan Platform Android : Studi Kasus Laboratorium Teknik Informatika Universitas Tanjungpura”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1, No. 1:1-6.

Okitta Rizan dan Hamidah, 2016. “Rancangan Aplikasi Memonitoring Kamera CCTV Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 2, No. 2:45-51.

Rudy, Yuli F., dan Mardhiah Fadhli. 2015. “Aplikasi Android Untuk Kontrol dan Monitoring Ruangan Menggunakan Ip Camera”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1, No. 1:1-7.
Published
2018-12-11