SELEKSI BAKAL CALON KEPALA DESA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDTIVE WEIGHTING (SAW) DI DESA TEBERAU PANJANG

  • Candra Pratama
Keywords: Simple Additive Weighting, Seleksi, Bakal Calon Kepala Desa

Abstract

Kegiatan seleksi bakal calon kepala desa memang diadakan 6 tahun sekali namun tentu mencari calon kepala desa yang benar-benar mampu memimpin desa bukan lah hal yang mudah. Metode yang digunakan untuk penyeleksian bakal calon kepala desa menggunakan metode Simple Additive Weightting (SAW), karena metode ini adalah menentukan nilai bobot pada setiap atribut lalu dilanjutkan dengan tahapan perangkingan untuk menyeleksi alternatif terbaik, alternatif yang dimaksud adalah syarat-syarat yang ditentukan. Menggunakan metode perangkingan diharap lebih akurat dan tepat karena sudah berdasarkan pada kriteria dan bobot yang telah ditetapkan. Hasil dari pengujian terhadap metode ini adalah dapat menentukan calon mana yang layak. Dengan hasil pengujian telah mendapatkan calon kepala desa yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditentukan dari nilai bobot yang paling tinggi sehingga akan mendapatkan hasil yang akurat dikarenakan penetapan sesuai dengan rangking yang tertinggi.

References

Frieyadi. 2016. Penerapan metode simple additive weighting (SAW) dalam sistem pendukung keputusan promosi kenaikan jabatan.Jakarta : Bagian penerbitan AMIK BSI Jakarta.

Hartanto, Dwi., Nenzy Alung Arniyanto Putri.2013. Sistem Informasi Pengolahan Nilai raport pada siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta berbasis web.Yogyakarta : Bagian penerbitan STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Haswan, F. (2017). Decision Support System For Election Of Members Unit Patients Pamong Praja. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 21-25.

Supardi, S. Wahyudi and Elistri melisa. 2014.Penerapan metode saw dalam sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan pada sekolah menengah atas negeri 8 Seluma.Bengkulu : Bagian penerbitan Fakultas Ilmu komputer Universitas Dehasen Bengkulu.

Umi F., Fatah Yasin F., And Agung Romdoni.S.2014 Sistem pendukung keputusan seleksi pemilihan calon kepala desa berbasis web.Surakarta : Bagian penerbitan Fakultas komunikasi dan informatika,Surakarta.
Published
2018-12-11