APLIKASI ALAT BANTU AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA TK MIFTAHUL JANNAH BERINGIN JAYA

  • Lika Herna Yuly Pertiwi
Keywords: Aplikasi, Alat Bantu Ajar, Multimedia, TK

Abstract

Penulisan ini menguraikan tentang metode perancangan dan pembuatan aplikasi alat bantu ajar untuk anak usia prasekolah yaitu Taman Kanak-kanak dengan memanfaatkan perkembanganteknologi yang berbasis multimedia. Pembuatan aplikasi pembelajaran ini dengan menggunakan software Appinventor. Pengembangan aplikasiini menggunakan model waterfall.Aplikasi ini menampilkan pembelajaran dasar untuk anak usia prasekolah yang akan dibagi ke dalam 5 kategoripembelajaran pengenalan, yaitu:huruf, angka, warna, geometri, dan hewan. Dimana aplikasi ini disajikan secara interaktif dan mudah digunakan oleh guru dan siswanya hanya cukup memerlukan klik button-button yang tersedia pada setiap tampilan, untuk mengenali bahan pembelajaran yang disajikan.

References

Effendi, Zulkarnain dan Murinto. 2014. Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi PadaPengenalan Monumen Yogya Kembali Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Herdiana, Nanda Dwi.2013.Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Yogyakarta: AMIKOM Yogyakarta.

Kusumawati, Dewi dan Dwi Setiyani. 2017.Aplikasi Pembelajaran Iqro Berbasis Multimedia Pada Tk Islam Terpadu Al Mubarak Palu. Palu: STMIK Bina Mulia Palu.

Muhtarom. 2017.Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Bangkalan: SDN Pendabah 3, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Nurjanah. 2015.Aplikasi Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Bahasa Inggris Untuk Usia 6-8 Tahun. Jakarta: Program Sarjanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratnawati, Dwi. 2013.Aplikasi Alat Bantu Ajar Hijaiyah Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta: Program Sarjanah Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2018-12-11