SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN BEKAS PENANGAN PERKARA TINDAK PIDANA UMUM KEJAKSAAN NEGERI KUANTAN SINGINGI

  • Maimunah Maimunah
Keywords: Sistem Informasi, PHP, MySQL, Pidana Umum

Abstract

Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan tidak terlepas dari penanganan berkas perkara untuk segera dilakukan penuntutan. Pada saat ini di Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan penanganan berkas perkara dilakukan secara manual. Proses penanganan berkas perkara dimulai dari diterimanya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik oleh bagian sekretariat hanya diregistrasi pada buku besar, setelah itu SPDP diserahkan kepada Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (kasipidum) guna penunjukan jaksa, setelah penunjukan jaksa SPDP diberikan ke bagian prapenuntutan (pratut), di bagian pratut dibuatkan surat perintah penunjukan jaksa penuntut umum (P-16) dengan menggunakan microsoft word dan begitu seterusnya sampai dokumen itu masuk ke tahap II (tahap penuntutan). dengan adanya aplikasi pengarsipan berkas perkara ini dapat memudahkan dalam penyimpanan data tindak pidana umum, selain itu dalam pengolahan data tersimpan cukup baik dalam media penyimpanan database sehingga dalam pencarian data dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Faizatush Sholikhah dan Dewi Kumalaeni. 2017. Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP):Penelusuran Arsip Berkas Perkara Di Pengadilan AgamaTemanggung. Yogyakarta . Jurnal Diplomatika, Vol. 1, No. 1 September 2017.

Hengki Tamando Sitohang. 2018. Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Medan. ournal Of Informatic Pelita Nusantara Volume 3 No 1 Maret 2018 e-ISSN 2541-3724.

Kusumaningati Sulistya Wardhani. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Kartu Menuju Sehat Sebagai Alternatif Pengelolaan Posyandu Secara Digital. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sandra Aliska, dkk. 2018. Sistem Informasi dan Manajemen Pemberkasan Perkara di Kejaksaan Negeri Mempawah. Tanjungpura. JustIN Vol.6, No. 1, (2018).
Published
2018-12-11