RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BANK MINI PADA TK AQZIA ISLAMIC KINDERGARTEN

  • Nopika Nopika
Keywords: Sistem Informasi, Bank Mini, TK Aqzia Islamic Kindergarten

Abstract

Bank Mini merupakan sebuah sarana yang digunakan sebagai tempat pembayaran keuangan siswa dan sarana menabung siswa TK Aqzia Islamic Kindergarten. Bank Mini mengelola tabungan siswa dan pembayaran umum. Masalah yang ada pada Bank Mini adalah proses pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan menggunakan proses manual menggunakan pembukuan dan catatan transaksi lainnya, sehingga berpotensi menimbulkan kesalah pencatatan dan perhitungan. Pihak sekolah menginginkan suatu sistem informasi Bank Mini, namun pihak sekolah belum mengetahui dan tidak dapat menentukan kebutuhan sistem yang tepat untuk diterapkan pada Bank Mini. Solusi yang ditawarkan adalah mebuat analisis dan perancangan sistem informasi Bank Mini yang dapat menghasilkan analisis dan desai perancangan yang membuat gambaran proses pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan. Proses analisis dan perancangan pada penelitian ini meliputi tahap pengumpulan data dan observasi, analisis perancangan sistem, dan evaluasi desain sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis dan perancangan sistem dapat memberikan gambaran proses pencatatan transaksi Bank Mini transaksi Bank Mini, proses pembuatan laporan keuangan, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman penerapan sistem informasi Bank Mini di masa yang akan datang.

References

Muhammad Rangga Perkasa, Jurnal Algoritma, Vol. 11, No. 1, 2014.

Nikmah Sulistiyani, Rohmadi, Perancangan Sistem Aplikasi Administrasi TK MTA Gemolong Berbasis Web, Vol. 2. No. 1, 2013, pp. 106-112.

Novitasari, Siska Iriani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Operasional Siswa pada “Bank Mini Arta Prima” Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pacitan, Vol. 2 , No. 1, 2013, pp. 38-42.

Sarintan Kahru, Oki Sakina, Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik Pada TK Al-Hidayah LOLU, Vo. 2, No. 1, Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2016, pp. 30-40.

Yuda Nurhidayat, Sistem Informasi Administrasi Keuangan Pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 1 Kuwu Purwodadi, 2013.
Published
2018-12-11