SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAE-RAH PENYEDIAAN AIR BERSIH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS WEB

  • Jepri Seprima Yoga Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, UPTD-PAB, Pelanggan, Mysql, Website

Abstract

Pada saat ini UPTD-PAB Kab.Kuantan Singingi membutuhkan suatu system infomasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan karena system yang ada di UPTD-PAB masih dilakukan secara manual namun kurang optimal dalam penggunaannya, memungkinkan saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurangnya akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam mencari data-data yang diperlukan, untuk mengatasi hal ini di UPTD-PAB Kab. Kuantan Singingi membutuhkan sistem pengelolaan data  maka dengan membuat system ini  data pelanggan dengan bahasa pemograman PHP dan metode perancangan menggunakan UML untuk membangun aplikasi berbasis web pada UPTD-PAB Kab. Kuantan Singingi diharapkan pelanggan tidak perlu lagi datang ke UPTD-PAB melainkan hanya membuka website untuk melakukan pendaftaran,mengecek info tagihan dan pembayaran.

References

Aris, Laeliyah, Putra, M. I., Priskilawati, & Sihabudin (2017),Aplikasi Sistem Pembayaran Data Pelanggan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Banten Kota Tenggerang,Koferensi Nasional Sistem & Informatika.

Hastomo. 2006. Laporan Praktikum Lapangan Kunjungan ke PDAM Sleman. Tidak diterbit-kan.Yogyakarta: Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

Haswan, F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Kelurahan Sungai Jering Berbasis Web Dengan Object Oriented Programming. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 92-100.

Munir, S., & Hermawan, .I, (2016) Perancangan Sistem Informasi Pencatat Meteran Air PDAM Berbasis Web Studi kasus Pdam Bogor,Teknologi Terpadu.

Nugroho, Yuli dkk, 2010, Modul Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar. Balikpapan Penerbit Tropenbos International Indonesia Programme.

R. Junanda and B. A. R, "Model Aplikasi Layanan Informasi Tagihan Air Berbasis Web," Model Apl.Layanan Inf. Tagihan Air Berbasis web, 2017.

Rifka Solang. "Kualitas layanan dan hubungan pelanggan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan daerah air minum (PDAM) kota kotamobagu". ejour-nal.unsrat.ac.id.2014;vol(2);1.

Sudarsono, B., dan Nugraha, A. L (2013). Jurnal Pemanfaatan pemetaan tematik untuk ana-lisis kebocoran jaringan pipa distribusi di PDAM Demak.

Utami, Ruli dan Erma Suryani. 2016. Perencanaan Strategis untuk Menekan Tingkat Ke-hilangan Air PDAM Surabaya dengan Sistem Dinamik. Jurnal IPTEK 20 : 1.
Published
2021-12-29