SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMESANAN LAPAK DI EVENT PACU JALUR TRADISIONAL DI TEPIAN NAROSA TELUK KUANTAN BERBASIS WEB

  • Alfindes Saputra Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: SIG, Sistem, Web, PHP, MySQL

Abstract

Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Kegiatan Pacu Jalur merupakan pesta rakyat yang terbilang sangat meriah. Selain sebagai acara olahraga yang banyak menyedot perhatian masyarakat, festival Pacu Jalur juga mempunyai daya tarik tersendiri, salah satunya yaitu banyaknya lapak yang berada di area sekitar pacu jalur yang menawarkan berbagai macam barang dagangan. memesan lapak disekitar area pacu jalur terbilang cukup rumit karena harus datang langsung ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan yang berlokasi di Teluk Kuantan. Para penyewa biasanya menyewa perantara pihak ketiga untuk memesan lapak sehingga biaya yang harus dibayarkan menjadi semakin tinggi.  Berdasarkan hasil analisis, implementasi, dan pengujian terhadap perangkat lunak maka sistem ini dapat digunakan oleh pembeli dimana saja dan kapan saja. tanpa harus datang jauh - jauh ke lokasi lapak atau dinas pariwisata. Dengan sistem ini harga jauh lebih menguntungkan karena langsung ketangan pihak pertama dlam proses pembelian tidak melalui pihak kedua atau pun pihak ketiga.

References

Abdullah, B. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Sebaran UMKM Di Kota Cimahi. Semnasteknomedia Online, 6 (1), 1-7.

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Anam, C. (2019). E-Quisioner Terhadap Tingkat Pemanfaatan Layanan Wi-Fi Kabupaten Banyuwangi. Deepublish.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis: Sejarah, Definisi Dan Konsep Dasar. Kreatif.

Enterprise, J. (2014). MySQL untuk pemula. Elex Media Komputindo.

Darmono, A., & Hasan, A. (2002). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Jakarta: Grasindo.

Mulyani, S., Suzan, L., Dagara, Y., Yuniarti, E., & Alam, M. (2019). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Implementasi SIA di Sektor Publik. Unpad Press.

Pilone, D., & Pitman, N. (2005). UML 2.0 in a Nutshell. " O'Reilly Media, Inc.".

Rungta, K. (2019). UML 2.0: Learn UML in 1 Day. Guru99.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.
Published
2021-12-29