IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN BENGKEL TERDEKAT UNTUK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS ANDROID

  • Robert Robert Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Bengkel Terdekat, Berbasis Android

Abstract

Teknologi kendaraan merupakan alat yang paling dibutuhkan sebagai media transportasi. Pesatnya kemajuan jaman, membuat kendaraan sangat dibutuhkan sebagai media transportasi.faktor yang dapat mengakibatkan masalah dalam berkendara adalah mendapati ban kendaraan bocor di jalan karena tertusuk paku, terkena jebakan, ataupun sebab lain. Teknisi bengkel atau juga bisa disebut tukang bengkel merupakan profesi yang sangat dibutuhkan bagi para pengendara motor dan mobil yang mengalami kebocoran ban, honda atau mobil yang mendadak tidak bisa berjalan. Pengendara segera mencari tukang bengkel yang ada di sekitar jalan yang dilewatinya saat itu. Bila jaraknya jauh dari lokasi, dia akan mendorong motornya sampai menemui papan tanda tambal ban semakin jauh jarak lokasi tambal maka pengendara motor pasti akan kelelahan untuk mendorong motornya.Maka aplikasi dengan Global Positioning Sistem (GPS), Sistem ini dapat menampilkan lokasi bengkel disekitar pengguna dalam bentuk simbol pada menu maps yang ditampilkan. Proses penampilan peta menggunakan Google Maps API sehingga tampil dengan baik di Platform Android. Aplikasi dapat melakukan pengisian lokasi bengkel baru yang kemudian disimpan dalam database server.

References

Abdullah, B. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Sebaran UMKM Di Kota Cimahi. Semnasteknomedia Online, 6(1),1-7.

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Elex Media z omputin-do.

Anam, C. (2019). E-Quisioner Terhadap Tingkat Pemanfaatan LayananWi-Fi Kabupaten Banyuwangi.Deepublish.

Amin, M.C. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Pekanbaru Diakses darihttps://media.neliti.com/media/publications/128166-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pertumbu.pdf

Dicoding.com. (2017, 21 Maret). Belajar Android Untuk Pemula. Diakses pada 21 maret 2019 dari https://www.dicoding.com/academies/

Enterprise, J. (2014). MySQL untuk pemula. Elex MediaKomputindo.

Hamsyah, R. S.(2019).Rancang Bangun Aplikasi Go-Ban Untuk Mencari Dan Memanggil Teknisi Tambal Ban Menggunakan Google Maps Api.Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/151573741.pdf.

Khairani, L. Y., Husodo, A.Y., & Birmantoro, F. (2019).Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Bengkel, Cuci Motor Dan Tukang Kunci Terdekat Berbasis Mobile. Jurnal Teknik In-formatika, 1(2).169-178.

Mulyani, S., Suzan, L., Dagara, Y., Yuniarti, E., & Alam, M. (2019). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Im-plementasi SIA di Sektor Publik. UnpadPress.

Nofri Wandi Al-Hafiz. (2020). Decision Support System Rental Housing Investment In Singingi District Area: Decision Support System Rental Housing Investment In Singingi District Area. Jurnal Saintikom UNIKS, 2(4). 569-574.

Palita, P.A., Katili, M.R., & Oli, S., (2020). Pengembangan Sistem Informasi Layanan Servis Mobil Berbasis Android.Jambura Journal of Informatics, 2(2), 73-85.https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.5934

Rahardjo. N.C.(2013). Pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG) Pencarian Lokasi Bengkel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.2(2).1-9.

Rungta, K. (2019). UML 2.0: Learn UML in 1 Day.Guru99.
Published
2021-12-29