SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MONITORING PROYEK JEMBATAN PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATAEN KUANTAN SINGINGI

  • Asri Triawandika Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: SIG, Website, PHP, MySQL, Monitoring

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupataen Kuantan Singingi merupakan instansi pemerintah daerah yang bertanggung jawab langsung kepada Bupati dan bertanggung jawab untuk sistem jaringan jalan serta jembatan-jembatan yang ada di Kabupataen Kuantan Singingi. Dinas yang bekerja untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan masih memiliki kesulitan dalam me-monitoring proyek dan lokasi yang sedang berjalan. Selama ini proyek jembatan yang dikejakan oleh bagian bidang bina marga dan prosesnya masih diawasi secara manual yaitu dengan melakukan survei langsung ke lokasi proyek jembatan, dalam pelaporan hasil survei kendala yang sering terjadi form peninjauan proyek sering ketinggalan dikendaraan maupun dirumah, hal ini mengakibatkan proses pelaporan memakan waktu yang cukup lama, sebahagian arsip laporan peninjauan proyek jembatan ketika dibutuhkan staf bidang bina marga kesulitan dalam pencarian data, selain itu informasi tentang perbaikan jembatan di Kabupaten Kuantan Singingi belum diinformasikan dengan maksimal sehingga sebahagian pengguna jalan yang tidak mengetahui informasi tersebut akan melalui lokasi perbaikan jebatan tersebut, oleh karena itu sebahagian pengguna jalan tidak merasa nyaman. Dengan adanya sistem yang baru maka dapat memudahkan pegawai membuat laporan rekapitulasi data jembatan dengan lebih efektif dan efisien dan juga memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tentang pembangunan maupun perbaikan jembatan di Kabupaten Kuantan Singingi serta memudahkan petugas dalam pembuatan laporan.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Agus Eka, Pratama. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung : Informatika Bandung.

Al-Hafiz, Nofri Wandi, and Febri Haswan. "Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi." Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) 3.1 (2018): 1-10.

Dadang H, dkk. 2016. Sistem Informasi Geografis Monitoring Dan Evaluasi Proyek Dinas Pekerjaan Umum Kota Kotamobagu. E-journal Teknik Informatika, Volume 9, No 1 (2016), Hal: 1-9.

Edward Ngii, dkk. 2020. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Untuk Inventarisasi Kondisi Jembatan Sulawesi Tenggara. Jurnal semanTIK, Vol.6, No.1, Jan-Jun 2020, pp. 99-106.

Jogiyanto, 2015. Analisis dan desain sistem informasi. Andy OFFSET. Yogyakarta.

Nurpilihan Bafdal, dkk. Sistem Informasi Geografis. Jurusan Teknik Manajamen Industri Pertanian FTIP UNPAD. Bandung.

Raden Abdul Rahman, dkk. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Pekerjaan Umum dengan Pendekatan Konsep Nilai Hasil. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI) Vol. 1, No. 2, Oktober 2016, pp. 13-21.

Siswo Hadi Sumantri, dkk. 2019. Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System) Kerentanaan Bencana. CV. Makmur Cahaya Ilmu. Jakarta.
Published
2021-12-29