IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MEMONITORING INDUSTRI KECIL MENENGAH BERBASIS ANDROID

  • Desmarita Desmarita Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Industri Kecil Menengah, Android, Sistem Informasi Geografis

Abstract

Kabupaten Inhu memiliki kegiatan pembangunan yang sangat meningkat menyebabkan meningkatnya kegiatan penduduk disegala bidang yang pada akhirnya meningkatkan pula tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan fasilitas dan utilitas perkotaan serta kebutuhan lainnya di Kabupaten Indragirihulu . Dari kondisi tersebut, muncul tantangan bagi Kabupaten Inhu untuk menyediakan kesempatan lebih bagi seluruh kalangan masyarakat untuk mengembangkan diri di tengah persaingan. Banyak faktor dan sektor untuk mengembangkan salah satunya adalah program untuk memonitoring industri kecil menengah. Selama ini dinas Desperindag dalam melakukan memonitoring dilakukan dengan cara para pegawai datang meninjau langsung ke lokasi IKM di Kabupaten Indragiri Hulu, Pendataan IKM dilakukan dengan cara menuliskan dalam IKMĀ  ke dalam buku ataupun format yang telah di sediakan, hal ini dapat menimbulkan permasalahan diakibatkan sering terjadi kehilangan format yang telah di data tersebut. Dari permasalahan tersebut penulis ingin membuat sebuah Istem Informasi Geografis (Sig) Untuk Memonitoring Industri Kecil Menengah (IKM) Berbasis Android Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hulu. Yang mana system ini akan mempermudah dinas Desperindag dalam melakukan memonitoring terhadap industri kecil menengah. Dan mempermudah pemilik indutri dalam melihat perkembangan industry yang sedang ia jalankan.

References

Abdullah, B. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Sebaran UMKM Di Kota Cimahi. Semnasteknomedia Online, 6(1), 1-7.

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Elex Media zomputindo.

Dicoding.com. (2017, 21 Maret). Belajar Android Untuk Pemula. Diakses pada 21 maret 2019 dari https://www.dicoding.com/academies/

Deo Marta Dipayana, M. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Dan Android Untuk Pemetaan Industri Kecil Dan Menengah Di Kota Mataram. JTIKA, 11-18.

Enterprise, J. (2014). MySQL untuk pemula. Elex Media Komputindo.

Ferry Juniardi, H. A. (2014). Penyusunan Sistem Informasi Geografis Infrastruktur Transportasi Kabupaten. Jurnal ELKHA, 6-12.

Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). Sistem Informasi Geografis (Sig) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara Di Provinsi Bengkuluberbasis Website. Jurnal Media Infotama, 51-60.

Mirza Sofyan, M. I. (2017). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (Sig) Untuk Prioritas Penanganan Jalan Di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Teknik Sipil, 167-176.

Mulyani, S., Suzan, L., Dagara, Y., Yuniarti, E., & Alam, M. (2019). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Implementasi SIA di Sektor Publik. Unpad Press.
Published
2021-12-29