SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN BANTUAN LOGISTIK BENCANA ALAM DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Asril Annas Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Bantuan, Logistik, Sistem, Informasi,, PHP, MySQL

Abstract

Selama ini Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi dalam pendataan kebutuhan korban bencana alam untuk pendistribusian bantuan logistik diperoleh dari masyarakat setempat, laporan yang dibuat oleh masyarakat/desa akan diberikan kepada petugas pendistribusian bantuan logistik di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi, selanjutnya bagian sekretariat akan membuatkan berita acara penyaluran bantuan logistik ke desa yang terkena bencana alam sesuai dengan jumlah masyarakat yang terkena bencana, permasalahan yang sering terjadi di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi dalam pembuatan laporan file rekapitulasi korban bencana alam sering hilang dikarenakan tidak tersimpan dengan baik ataupun hilang oleh virus komputer,  selain itu proses pengolahan data serta pembuatan laporan masih menggunakan aplikasi lembar kerja sehingga pada pengerjaannya terkadang menyebabkan keterlambatan dan memungkinkan terjadinya kesalahan. Dengan adanya sistem yang baru maka dapat memudahkan seorang pegawai dalam merekapitulasi laporan bantuan logistic bencana alam yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Laporan ataupun informasi yang diberikan oleh masyarakat tentang adanya bencana alam dapat dilakukan di website ini dan juga data tersimpan secara rapi dan aman dalam sebuah database.

References

Annisa Kesy Garside dan Dewi Rahmasari. 2017. Manajemen Logistik. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Bahagia, dkk. 2017. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Data Korban Bencana Berbasis Mobile Android. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol.3 No.2 Th 2017 e-ISSN 2679-5635 p-ISSN 2460-5891, Hal. 22-30.

Dyah Ika Rinawati, dkk. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Bantuan Logistik Bencana Studi Kasus Pada Bpbd Kabupaten Magelang. Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Januari 2018. Hal. 51-60.

Elisabet Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani. 2017. Pengantar Sistem Informasi. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Hadion Wijoyo, dkk. 2021. Sistem Informasi Manajemen. CV. Insan Cendekia Mandiri. Sumatra Barat.

Jubilee Enterprise. 2018. HTML, PHP, dan MySQL Untuk Pemula. Elex Media Komputindo. Padang.

Lukman Ahmad dan Munawir. 2018. Sistem Informasi Manajemen. Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA). Aceh.

Muhamad Muslihudin dan Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Robi Yanto. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. CV. Budi Utama. Yogyakarta.

Solichin, Ahmad. 2016. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Sri Mulyani. 2016. Analisis dan Perancangan SIstem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Abdi Sistematika. Bandung.

Zulfan, dkk. 2017. Sistem Informasi Data Korban Kebencanaan Berbasis Web. Seminar Nasional II USM 2017 Eksplorasi Kekayaan Maritim Aceh di Era Globalisasi dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Vol. 1, Oktober 2017, 110-113.
Published
2021-12-29