PERANCANGAN SISTEM INFORMASI OBJEK WISATA EMBUNG TELAGA DAPUR UMUM DESA SUKARAJA KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT BERBASIS WEB

  • Wiwit Puspitasari Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Reservasi, Desa Sukaraja

Abstract

Teknologi informasi merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini. Salah satu sektor yang berkembang dalam perkembangan teknologi adalah di bidang objek wisata yang memberikan andil untuk mendistribusikan informasi objek-objek wisata yang lebih interaktif khususnya melalui teknologi internet. Kebutuhan seseorang akan informasi muncul karena adanya gap (kesenjangan) dan kesenjangan informasi ini dapat diatasi dengan informasi baru yang lebih relevan agar mencapai tujuan. Seseorang yang melakukan pencarian informasi akan membentuk suatu perilaku pencarian informasi. Teknologi informasi membantu pekerjaan dengan menyediakan informasi dan melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan informasi. Informasi mengenai tempat obyek wisata akan lebih dikenal apabila diberi wadah untuk bertukar informasidan dalam pemesanan tempat untuk  berkumpul atau mengadakan acara di tempat objek wisata tersebut, mengenai hal tersebut yang berupa website. Agar menghasilkan website obyek wisata yang sesuai dengan keinginan pengguna, diperlukan sistem informasi yang berbasis web. Untuk itu dirancang dan dibangun sebuah Perancangan Sistem Informasi Objek Wisata Embung Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Berbasis Web sebagai sarana informasi guna kebutuhan informasi serta dapat meningkatkan wisatawan yang datang untuk melihat Objek Wisata Embung Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat.

References

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.

Asriandi, Ian. 2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. Makassar: Jurnal. Universitas Hasanuddin.

Elgamar. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Pemograman Website Dengan PHP. Diakses dari https://bit.ly/BukuAjarWebJilid1

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri

Haryana, K. S. (2015). Pengembangan Perangkat Lunak dengan Menggunakan PHP. Jurnal Computech & Bisnis, 2(1), 14-21.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Inayah, A. R., Afriyudi, M., Afriyudi, M., & Marlindawati, M. (2014). aplikasi pemesanan menu makanan di Rumah makan berbasis web service Menggunakan mobile android.

Itamar, Hugo.2016. “Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Nopriandi, H. (2018). Perancangan sistem informasi registrasi mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 73-79.

Pratiwi, Y. A., Ginting, R. U., Situmorang, H., & Sitanggang, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di SMP Rahmat Islamiyah.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem
Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.
Published
2021-12-29