ANALISA DAN IMPLEMENTASI HONEYPOT HONEYD PADA JARINGAN WIRELESS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI

  • Kurnia Elviani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Honeypot Honeyd, DoS attack, Keamanan Jaringan

Abstract

Kurangnya pengetahuan dari pengguna komputer terhadap masalah keamanan sistem menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah komputer. Banyak dijumpai komputer tidak mengupdate antivirusnya bahkan ada yang tidak memakai antivirus. Teknik pengamanan jaringan biasanya dengan memblokade serangan menggunakan firewall atau mendeteksi serangan dengan IDS (Intruction Detection System), yang bertugas untuk menjaga dari serangan-serangan yang ada. Namun hanya dengan menggunakan IDS administrator jaringan akan kewalahan memeriksa setiap pemberitahuan yang diberikan oleh IDS. IDS ini bekerja hamper sama seperti antivirus, tidak mampu untuk bekerja dalam lingkungan terenkripsi atau lingkungan IPv6. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil implementasi honeypot menggunakan honeyd telah berhasil dilakukan implementasi dan konfigurasi. Beberapa jenis serangan yang dilakukan pengujian diantaranya Denial of Service attack, File Transfer Protocol attack, Internet Control Message Protocol dan scan attack. Dari ketiga jenis serangan tersebut dilakukan pengujian dilanjutkan dengan pengamatan. Pengamatan dilihat dari segi waktu yang dibutuhkan oleh honeyd berhasil menampilkan notifikasi di log honeyd ketika serangan masuk.

References

Aminanto, Alja, and Wiwi Sulistyo. "Simulasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer Berbasis IPS Snort dan Honeypot Artilery." Jurnal Teknologi Informasi, Agustus 2019.

Arif Hidayat, Ismail Puji Saputra. "ANALISA DAN PROBLEM SOLVING KEAMANAN ROUTER MIKROTIK RB750RA DAN RB750GR3 DENGAN METODE PENETRATION TESTING." JURNAL RESISTOR, 2018.

Bambang Pujiarto, Ema Utami, Sudarmawan. "EVALUASI KEAMANAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK." JURNAL DASI, Juni 2013.

Bambang Pujiarto, Ema Utami, Sudarmawan. "Evaluasi Wireless Local Area Network." JURNAL DASI, Juni 2013.

Daulay, Muhammad Iqbal. "analisa perbandingan keamanan WEP, WPA, WPA2 pada access point." 2019.

Dermawati, Rosi, and M. Hasim Siregar. "Implementasi Honeypot Pada Jaringan Internet Labor Fakultas Teknik Uniks Menggunakan Dionae Sebagai Keamanan Jaringan." Jurnal Ilmiah Edutic, n.d.

firar, Urdirartatmo. Trik Menjebak Hacker Dengan Honneypot. yogyakarta: ANDI OFFSET, 2005.

Gilvan Januar Sirait, and Indrastanti R. Widiasari, M.T. "Analisis Keamanan Jaringan Wireless Local Area Network dengan Metode." 2018.

Imam Kreshna Bayu, Muh. Yamin, LM Fid Aksara. "Analisa Keamanan Jaringan Dengan." Juli-Desember 2017: 69-78.

Imam Kreshna Bayu, Muh. Yamin, LM Fid Aksara. "ANALISA KEAMANAN JARINGAN WLAN DENGAN." Juli-Desember 2017: 69-78.

Michael, Ikhwan Ruslianto, and Rahmi Hidayati. "ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN WI-FI." jurnal komputer dan aplikasi, 2021.

Muhammad Addy Rahmadani, Mochammad Fahru Rizal , Tedi Gunamawan. "IMPLEMENTASI HACKING WIRELESS DENGAN KALI LINUX MENGGUNAKAN." e-Proceeding of Applied Science, Desember 2017: 17-67.
Published
2021-12-29