SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEB DI UPTD PUSKESMAS SENCANO JAYA

  • Riris Agustin Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Rekam Medis, Sencano Jaya

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan sistem informasi sangat bisa membantu banyak aktivitas manusia. Sistem Informasi dibuat untuk memudahkan  dalam pengelolaan dan penyimpanan data yang nantinya akan menghasilkan suatu informasi yang tepat dan akurat. Adanya sistem informasi yang tepat dan akurat dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih efisien dan kecepatan operasional instansi.UPTD Puskesmas Sencano Jaya merupakan salah satu puskesmas yang berada di Kecamatan Batang Peranap. Puskesmas ini khususnya melayani setiap masyarakat beberapa desa di kecamatan batang peranap. Proses pengolahan data pasien pada Puskesmas Sencano Jaya masih bersifat manual yaitu dicatat kedalam buku besar yang menyebabkan timbulnya beberapa kendala yang terkadang menghambat kinerja pada puskesmas dan mengitu pula pada saat proses pencatatan  data rekam medis pasien yang masih menggunakan sistem manual dan hanya disimpan didalam rak saja . Sehingga terjadinya kesulitan dalam pencarian data pasien selain itu juga sering terjadi kesalahan dalam pencatatan yang bisa membuat  informasi yang kurang akurat. Agar menghasilkan websiterekam medis yang sesuai dengan keinginan pengguna, diperlukan sistem informasi yang berbasis web. Untuk itu dirancang dan dibangun sebuah Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web Di UPTD Puskesmas Sencano Jaya sebagai sarana informasi guna kebutuhan informasi serta dapat membantu dan memudahkan dalam pengimputan serta memproses data rekam medis pada puskesmas tersebut.

References

Andaru. A. (2018). Pengertian Database Secara Umum. Fakultas Komputer Section Class Content.

Anshar, S. (2016). Pengertian PHP. In Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP.

Ferdiansyah, Devy, and Amik B S I Tegal. 2018. “Penerapan Konsep Model View Controller Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Kesehatan Berbasis Web.” 18(2): 195–205.

Handayani, Tiara, and Gerson Feoh. 2016. “Medis Berbasis Web ( Studi Kasus Di Klinik Bersalin Sriati Kota.” Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web (Studi Kasus Di Klinik Bersalin Sriati Kota Sungai Penuh – Jambi) 2(2): 226–36.

Harianja. (2018). Perancangan Aplikasi Rawat Jalan pada Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Kesehatan Benai.

Indarti, & Laraswati, D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik Umum Galur Medika Jakarta Pusat. Jurnal Teknik Komputer. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3549

Jogiyanto. (2017). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

MADCOMS, L. (2016). Pemograman PHP dan MySQL untuk pemula. In MADCOMS MADIUN.

Mulyani. S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah : Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi sistematika

Nina. V., Sitanggang.D & Indra . E (2020). Jurnal Perancangan Aplikasi Pengantaran Barang (Ekspedidi) antar Sumatra Berbasis Android

Ristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan . Jurnal Teknologi Informasi Esit Vol. Xii, 8-22.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan It (Jpit), 6-12.

Sipakkar. F. (2017). Website Penjualan Sepatu Online Berbasis XAMPP(Uneversitas Sumatra Utara).
Published
2021-12-29