SISTEM INFORMASI PRAKTEK DOKTER GIGI SHAHIRAH RAHMAWATI BERBASIS WEB

  • Aprilan Aprilan Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Paktek, Gigi, Rekam medis Web, Sistem Informasi, PHP

Abstract

Pemakaian komputer sebagai salah satu hasil dari teknologi dan informasi saat ini sangat meluas dan memasyarakat tidak hanya terbatas dalam lingkungan kerja tetapi juga didalam lingkungan pelayanan kesehatan. pelayanan kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi penggunaan teknologi dan informasi, penerapan intervensi kesehatan dalam pengembangan teknologi dan informasi sangat efektif dalam melayani masyarakat. Dalam bidang kesehatan saat ini penggunaan sistem informasi sangat diwajibkan guna membantu kelancaran proses kegiatannya. Salah satu contohnya yaitu praktek dokter gigi Shahirah Rahmawati yang berlokasi di Jl. Rustam S.abrus, Sungai Jering, Taluk Kuantan. Dalam menjalankan prakteknya, dimana proses pendaftaran pasien dan pencatatan data pasien masih menggunakan kartu pasien yang tersusun didalam lemari, data rekam medis, data obat, dan proses pengolahan data dan lainnya dicatat dalam pembukuan dan masih menggunakan secara manual. Artinya semua kegiatan itu dilakukan tanpa bantuan komputer, mengakibatkan catatan-catatan berbagai data praktek dokter Shahirah Rahmawati hilang atau rusak karena hanya dicatat dikertas dan buku. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka perlu dibangun sebuah sistem informasi berbasis web yang mampu menangani proses pengolahan data dan berbagai proses lainnya agar pelayanan praktek dokter gigi Shahirah Rahmawati bisa lebih optimal dan efektif serta mampu menyajikan keluaran baik berupa informasi maupun laporan secara tepat dan mudah.

References

Anggraeni, E.Y., dan Irviani , R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. (E.Risanto,Ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Aprianti, W.& Maliha, U., 2016. Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, 2(1), pp. 21-28.

Katankar, K.V., dan V.M Thakare. 2018. Short Message Service using SMS Gateway, Vol.02, No.04

Kuswara, H., dan Kusuma, D. (2017) Perancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Web,3(1).1-14

Madcoms. 2016. Sukses Membangun Toko Online dengan PHP dan MySQL,.Yogyakarta: Andi.

Manganello, Jennifer dkk., (2017). Hubungan Litersi Kesehatan dengan penggunaan teknologi dan informasi kesehatan: Jurnal Manajemen dan praktik kesehatan masyarakat.

Rawung, F., (2017). Buku Pintar Aplikasi SMS dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Gava Media

Rizkita et al. (2018), Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Languange), Informatika Bandung, Bandung.

Simatupang,J & Siaturi, S (2017). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech. Vol 3. No. 2. ISSN 2549-0222

Solichin, Ahmad. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Published
2021-12-29