SISTEM INFORMASI HASILTENDER KARET PADA KOPERASI GAPOTAN MAJU BASAMO BERBASIS WEB PADA KOPERASI UNIT DESA TITIAN MODANG KOPAH

  • Faisal Fahlevi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Penjualan, Transaksi Penjualan, Website, PHP, MySQL

Abstract

PT. Andalan Sehat (Malindo) terletak di Kota Pekanbaru memiliki beberapa cabang di Provinsi Riau, salah satu cabang terbesar PT. Andalan Sehat (Malindo) ini terletak di Teluk Kuantan di Kelurahan Sungai Jering Desa Sinambek, PT. Andalan Sehat (Malindo) cabang Teluk Kuantan Saat ini belum memiliki sebuah aplikasi yang dapat mengelola data transaksi penjualan / pendistribusian ayam broiler secara cepat dan tepat, proses pengolahan data transaksi penjualan dan pendistribusian ayam broiler masih dilakukan dengan cara manual yaitu setiap kali agen melakukan pemesanan dilakukan dengan datang langsung ke Gudang ataupun dengan cara menelpon langsung kepada bagian gudang untuk melakukan pemesanan, permasalahan yang sering terjadi data pemesanan yang dicatat kedalam kertas sering tertukar dengan data agen lainnya hal ini mengakibatkan komplen kepada bagian gudang, selain itu data penjualan sering terjadi kekeliruan maupun kesalahan perhitungan mengakibatkan kerugian pada perusahan. Dengan adanya sistem yang baru maka dapat memudahkan bagian gudang dalam melakukan rekapitulasi pembeli ayam sesuai dengan jumlah ayam yang di pesan, sistem yang baru juga dapat memudahkan para agen dalam memilih ayam yang akan dibeli sesuai kebutuhan konsumen. Memudahkan bagian gudang dalam melakukan proses rekapitulasi transaksi pembelian, sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam perhitungan.

References

Manganello, Jennifer dkk., (2017). Hubungan Litersi Kesehatan dengan penggunaan teknologi dan informasi kesehatan: Jurnal Manajemen dan praktik kesehatan masyarakat.

Rawung, F., (2017). Buku Pintar Aplikasi SMS dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Gava Media

Rizkita et al. (2018), Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Languange), Informatika Bandung, Bandung.

Simatupang,J & Siaturi, S (2017). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech. Vol 3. No. 2. ISSN 2549-0222

Solichin, Ahmad. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Published
2021-12-29