SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SEBARAN NASABAH FIF GRUP CABANG TELUK KUANTAN

  • Andika Saputra Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: FIF, GIS, Sistem, Informasi, PHP, MySQL

Abstract

FIFGROUP saat ini merupakan salah satu sarana pengkreditan terbesar di Kota TalukKuantan. Dalam menentukan letak alamat para nasabah FIFGROUP yang akan di tempuh atau di datangi dengan menggunakan peta konvensional dan memilih jalur yang terpendek dari tempat asal ke tujuan. Namun hal ini sering kali tidak dapat membantu secara maksimal karena kebanyakan kita pasti harus menanyakan satu per satu warga di sekitar untuk memastikan alamat atau keberadaan nasabah tersebut dan itu bisa dibilang tidak efisien. Sistem informasi geografis merupakan sebuah sistem yang dapat membantu memudahkan para kolektor FIFGROUP untuk menggali informasi tempat para nasabah atau konsumen yang akan di kunjungi dan letaknya. Hasil dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi untuk mengetahui lokasi ataupun rumah nasabah FIF Grup Cabang Teluk Kuantan, dengan adanya aplikasi ini nantinya dapat memudahkan bagian peninjau dalam menelusuri jejak nasabah.

References

Abdul Kosasi.S. dan Yuliani. A.E. 2015. Penerapan RAD Pada Sistem Informasi Penjualan Sepeda Online. SIMETRIS, Vol, 6 No, 1 pp, 27-28.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, Vol.6 No 1.

Nazruddin. Safaat. H. 2012, (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Noertjahyana, A. 2002. Studi Analisis Rapid Application Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal Informatika, Vol. 3, No. 2.

Prahasta. Eddy. 2014,Sistem Informasi Geografis tool dan plug-in, Informatika, Bandung.

Pressman. R.S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak buku 1, edisi 7, terjemahan Tim Penerjemah Andi. Yogyakarta.

Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Jakarta 10430, Indonesia.

Sutraman. 2003. Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Whitten, Jeffery, L., Bentley, Lonnie, D., Dittman, and Kevin, C., 2004, Metode Desain dan Analisis Sistem (diterjemahkan oleh Tim Penerjemah ANDI), Edisi 5, Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Published
2021-12-29