PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-KATALOG DOKUMEN HAJI BERBASIS WEB PADA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Novariadi Novariadi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: E-Katalog, Kemenag, Sistem, Informasi, PHP, MySQL

Abstract

Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi saat ini belum sepenuhnya menggunakan teknologi informasi padahal dizaman yang modern saat ini sebahagian instansi sudah menfaaatkan teknologi informasi untuk menunjang sebahagian pekerjaan pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien. Salah salah satu permasalahan yang dijumpai pada saat melakukan observasi di Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi penulis melihat dalam pengarsipan data Jemaah calon haji masih disimpan dalam lemari pengarsipan, sehingga pada saat pencarian data ketika diperlukan memakan waktu yang cukup lama, selain itu lemari penyimpanan berkas pengarsipan persayaratan haji tidak cukup menampung seluruh data Jemaah calon haji. Hasil dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi E-Katalog Dokumen Haji Berbasis Web dengan adangaya sistem yang baru dapat memudahkan bagian pengarsipan dalam merekapitulasi dokumen Jemaah calon  haji sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

References

Deppi Linda. 2016. Merancang e-katalog Berbasis Website Sebagai Media Informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Lampung. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika ISSN 2087-2062. Hal 1-11.

Dirratu Rahmani, dkk. 2019. Sistem E-Katalog Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe (Studi Kasus Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe). Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol.3 No.1 September 2019. ISSN: 2581-2882.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi edisi ketiga. Yogyakarta: unitpenerbit dan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN.

Ladjamudin, Bin Al-Bahra. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yessy Fitriani, dkk. 2016. Perancangan E-Katalog Pada Perpustakaan Digital Stt-Pln Berbasis Web. Jurnal PETIR Vol. 9 No. 2 September 2016
Published
2021-12-29