PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE JAPAN ROAD ASSOCIATION (JRA) DI RUAS JALAN SIMPANG TIGA PERINTIS KEMERDEKAAN (SMAN 1TELUK KUANTAN) – JALAN PROKLAMASI

  • Sandi Oktavianus Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Perencanaan Tebal Perkerasan, Metode Bina Marga, Metode JRA

Abstract

Dalam tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Di Ruas Jalan Simpang Tiga Perintis Kemerdekaan (SMAN 1 Teluk Kuantan) – Jalan Proklamasi ini digunakan beberapa data. Adapun data yang digunakan yaitu berupa data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kuantan Singingi, dianatara data himpunan perhitungan lalu – lintas berbentuk formulir selama 24 jam, data CBR lapangan, data curah hujan. Dalam analisa tebal perkerasan ini digunakan Metode Bina Marga dan Metode JRA (Japan Road Association) untuk menghitung tebal perkerasan yang efisien dan ekonomis, dan dari hasil analisa yang didapat ini kemudian dibandingkan dengan hasil perhitungan perencana. Berdarsarkan analisa data lalu – lintas harian rata – rata tahun 2021 Jalan Kawasan Waterpark Pelangi Regency (i) = 8% pertahun. Sedangkan untuk tebal perkerasan dengan Metode Bina Marga diperoleh tebal lapisan permukaan = 5 cm, pondasi atas = 20 cm, dan pondasi bawah = 19,58 cm, sedangkan hasil analisa dari penulis untuk Metode JRA (Japan Road Association) diperoleh tebal lapisan permukaan = 5 cm, pondassi atas = 10 cm, dan pondasi bawah = 45 cm,dari hasil analisis. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa susunan lapisan perkerasan jalan raya yang sudah ada tersebut belum memenuhi syarat karena hasil analisa yang didapat berbeda dari hasil perencana. Perbedaan hasilnya dipengaruhi oleh ketelitian dari data CBR, data LHR dan data curah hujan.

References

Adi Saputra Agus, 2010, Tinjauan Perencanaan Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Pujud- Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir, Pekanbaru, Jurusan Tenik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau.

Arif Munandar Wan, 2011, Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan pada Peningkatan Ruas Jalan Simpang Kualian-Parit Baru Kabupaten Siak, Pekanbaru, jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jederal Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta.

Mubasari Anida, 2009, Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metoda Analisa Komponen Pada Ruas Jalan koto Mambang- Balingka.

Murdock, L. J., dan Brook, K.M.1999. Bahan dan Praktek Beton, terjemahan Hindarko, S, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Published
2021-12-29