PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ahmad Faisal Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Regresi, Kerusakan Jalan, Volume Kendaraan, Perkerasan Lentur

Abstract

Perkembangan pertambahan volume kendaraan menjadi semakin meningkat di Kabupaten Kuantan Singingi. sehingga dapat menimbulkan dampak menurunnya tingkat kualitas jalan khususnya perkerasan lentur (aspal). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan volume kendaraan dengan jumlah kerusakan jalan pada perkerasan Lentur. Penelitian ini menggunakan data primer berupa panjang dan lebar jalan,  jumlah kerusakan, dan jumlah kendaraan yang melewati  ruas Jalan Diponegoro, Jalan Jalur 2 Wisma Hasanah, Jalan Raja Ali Haji, Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Teratak Air Hitam. Survei untuk penelitian ini dilakukan selama 3 hari dari masing-masing ruas jalan, Penelitian ini dikerjakan dengan menggunakan uji statistik, yaitu uji korelasi dan uji regresi linear berganda. Terdapat hubungan antara volume jenis kendaraan dengan nilai kerusakan jalan. Dengan hasil R2 = 0,840, artinya jenis kendaraan berhubungan terhadap kerusakan jalan sebesar 84%. Dengan hasil persamaan antara kendaraan ringan (X1), sepeda motor (X3) dan nilai kerusakan jalan (Y) yaitu Y = -445,1376 + 0,3297106.X1 + 0,1766536.X3.

References

Anggraini, Novi.2020. Analisis Model Bangkitan Tarikan Perjalanan Di Teluk Kuantan. Teluk Kuantan : Skripsi Universitas Islam Kuantan Singingi

Cunha, Valens CPD.2019. Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur. Bandung : Skripsi Universitas Komputer Indonesia

Deon, Gaudentius.2019. Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Jalan Dikota Kupang. Kupang : Universitas Katolik Widya Mandira.

Hardiyatmo, Hary Cristady 2015. Pemeliharaan Jalan Raya. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Hendarsin, Shirley L 2018. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung : Unversitas Politeknik Negeri Bandung.

Khisty, C. Jotin. dan B. Kent Lall. 2005. Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta : Erlangga.

Nugroho, Eko Agus.2013. Pengaruh Jumlah Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Aspal Kelas II Di Kabupaten Semarang. Semarang : Skripsi Universitas Negeri Semarang.

PP No. 30 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan permodelan Transportasi. Bandung : ITB.

Wirawan, Nata.2016.Statistika Ekonomi Dan Bisnis (Statistika Deskriptif). Denpasar Bali
Published
2022-06-15