ANALISIS NETWORK PLANNING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)

  • Cici Permatasari Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Manajemen Proyek, Network Planning, CPM, Efisiensi Biaya

Abstract

Manajemen konstruksi adalah perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek untuk mencapai tujuan proyek tanpa ada penyimpangan. Manajemen yang efektif dari suatu program selama siklus operasi proyek konstruksi memerlukan pengorganisasian biaya dan sistem pengontrolan yang baik. Dalam merencanakan suatu proyek digunakan metode perencanaan jaringan atau Network Planning. Network planning yang didalamnya menggunakan CPM (Critical Path Methode) merupakan salah satu teknik manajemen yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam perencanaan dan pengendalian proyek.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, data penelitian hasil pengumpulan data pada dinas PUPR Kabupaten Kuantan Singingi. Teknis analisa data menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Hasil analisis yang diperoleh adalah waktu normal yang dibutuhkan dalam penyelesaian proyek adalah 128 hari dengan biaya Rp. 8.650.732.559,94,-, dan analisis network planning menggunakan Critical Path Method (CPM) cukup efisien untuk meningkatkan efisiensi biaya dan waktu pelaksanaan proyek jembatan.

References

Abrar Husen, M.T (2009). “Manajemen Proyek Edisi Revisi”. Yogyakarta, CV. Andi Offset.

Hamzah, Faizal (2013), “Analisis Network Planning Dengan CPM (Critical Path Methode) Dalam Rangka Efisiensi Waktu Dan Biaya Proyek (Studi Kasus Pembangunan Kantor Kelurahan Kerten Laweyan Kota Surakarta)” di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Hermanto (2017). “Analisis Network Planning Dengan Critical Path Method (CPM) Pada Proyek Uninteratuble Power Supply (Ups) 80kva Pada Pt. Harmoni Mitra Sukses (Studi Kasus: Rsab Harapan Kita, Jakarta)”, di kota Tangerang, Banten.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan permodelan Transportasi. Bandung : ITB.

Wirawan, Nata.2016.Statistika Ekonomi Dan Bisnis (Statistika Deskriptif). Denpasar Bali
Published
2021-12-29