ANALISIS PENGEMBANGAN OBJK WISATA DANAU MESJID KOTO KARI DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT

  • Yelpi Nopitasari
Keywords: Pengembangan Objek Wisata, Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi mempunyai potensi yang besar di bidang Pariwisata. Potensi wisata tersebut berupa budaya ataupun keindahan alam. Salah satu objek wisata alam yang dapat diunggulkan di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Objek Wisata Danau Mesjid Koto Kari. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah  reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Pengelola harus  melihatkan keberagaman atraksi wisata sehingga tidak terkesan monoton. Penggabungan atraksi wisata tersebut dapat dilakukan dengan memadukan potensi wisata alam dengan potensi wisata budaya. Penambahan atraksi objek wisata seperti pertunjukan musik, wisata kuliner terapung atau atraksi lainnya. Dalam pengembangan amenitas pengelola dapat melengkapi sarana dan prasarana di kawasan danau ini seperti penyediaan tempat duduk, toilet, parkir, serta penyediaan toko souvenir. Pengembangan aksesibilitas sepertinya tersedianya transportasi khusus untuk menuju daerah tujuan wisata dan pengembangan lembaga pendukung (ancillary) seperti dengan mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola objek wisata danau mesjid. Pengembangan tersebut  diarahkan pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar objek wisata Danau Mesjid Koto Kari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Lia, Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Graha Ilmu, 2007.

Asmoro. 2011. Geografi Pariwisata dan Kepariwisataann. Fakultas Geografi Yogyakarta: UGM.

Bambang, Sunaryo. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Damanik. 2013. Pariwisata Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pelajar Pustaka.

Gerry Johnson dan Kevan Scholes. 2010. Exploring Corporate Strategy, Gramedia, Jakarta.

Gregori Mankiw, Pengantar Ekonomi, Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2000).

Karl E. Case, Ray C. Fair, Prinsip-prinsip Ekonomi edisi kedelapan, (Jakarta: Erlangga,2007).

Mankiw, Gregory, Pengantar Ekonomi Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2001.

M Liga Suyadana & Vanny Oktavia, Pengantar Pemasaran Pariwisata, (Bandung: Alfabeta.2015).

Happy Marpaung. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung. Alfabeta.

Nasir. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Raharja, Pratama dan Mandala Manurung, Pengantar Ilmu Ekonomi, (Jakarta: FEUI, 2008).

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset

Unggul Priyadi, Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangan, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2016).

Yoeti, A. Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Published
2022-07-29
Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 146 times