SISTEM INFORMASI PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG PEMERINTAH DESA PULAU KOMANG SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA

  • Mohd. Nashril Haq Siregar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang, Pemerintah Desa

Abstract

Pemerintahan desa merupakan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penyelenggara pemerintahan desa adalah pemerintah desa, Desa Pulau Komang Sentajo belum adanya suatu sistem inforrmasi yang menyediakan fasilitas kepada masyarakat untuk dapat melaporkan/mengadukan tindakan pejabat publik Desa Pulau Komang Sentajo yang tidak sesuai atau menyalahgunakan kewenanganya dalam menjalankan tugas dan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan masih harus datang langsung kepihak yang berwenang dalam penanganan pengaduan masyarakat  dan proses pelayanan yang sangat lama. Untuk itu pelunya suatu sistem pelaporan yang menggunakan aplikasi berbasis website denganm judul Sistem Informasi Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pemerintah Desa Pada Desa Pulau Komang Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan adanya dugaan pelanggaran. Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara cepat, tepat dengan baik. penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian dengan manfaat dapat mengakses penanganan pengaduan masyarakat  dan proses pelayanan lebih cepat.

References

[1] Al-Hafiz, Nofri Wandi, and Febri Haswan. "Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi." Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) 3.1 (2018): 1-10.

[2] Haswan, Febri. Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Kelurahan Sungai Jering Berbasis Web Dengan Object Oriented Programming. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 2018, 1.2: 92-100.

[3] D.F. Ariefni, M.B. Legowo, Penerapan Konsep Monitoring dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa i Perbanas Institute Jakarta, J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf. vol.4 (2018) pp.422-432. http://dx.doi.org/1028932/jutisi.v4i3.876.

[4] M.V. Al Hasri, E. Sudarmilah, Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran, MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. Dan Rekayasa Komput. 20 (2021) 249–260. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1056.

[5] W. “Maita, Idria”, ’Ibrahim, Hidayat, Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar, J. Ilm. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf. 3 (2017) 17–22.

[6] Y. Marande, Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso, Ilm. Adm. vol.8 (2017) pp.33-39.

[7] Soegiarto, E.C. Kirana, Bahar, Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru, (2018)
Published
2022-12-30