APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN KASIR PADA CAFE GEPREK BOHAY BERBASIS WEB

  • Rispandi Rispandi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Cafe, Pemesanan, Kasir, Web, PHP, MySQL

Abstract

Bisnis kuliner saat ini sudah semakin menjamur, ditinjau dari munculnya berbagai restoran dan kafe. Dalam persaingan bisnis kuliner tersebut, pihak perusahaan harus mencari strategi agar dapat mendongkrak jumlah pengunjung. Pada usaha restoran dalam praktek pemesanan makanan dan minuman masih menggunakan cara manual, dimana pelayan menghampiri pengunjung dan mencatat pesanan pada sebuah kertas yang nantinya diserahkan ke dapur dan kasir. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang mampu mempermudah proses pemesanan. Penggunaan media client server pada platform teknologi informasi berbasis web untuk pemesanan makanan dan minuman akan memudahkan proses pemesanan oleh pelanggan, karena pelanggan bisa langsung memesan menu yang dia inginkan dan pesanan akan langsung terkirim ke bagian dapur, tanpa harus mencatat lagi pesanan yang dia inginkan. Selain itu juga terhubung dengan bagian kasir sehingga mempermudah dalam pembayaran. Pemesanan makanan ataupun minuman dan pembayaran yang di integrasikan melalui media web ini diharapkan mampu menambah nilai jual bagi bisnis kuliner, karena dianggap mampu menyeimbangkan kebutuhan dan ke praktisan zaman sekarang yang sudah berbaur dengan teknologi informasi. Rancang bangun aplikasi pemesanan makanan dan kasir pada cafe geprek bohay berbasis web dibagun menggunakan medote Waterfall yang dipilih karena pada metode tahapanĀ  analisis kebutuhan perangkat lunak harus didefinisikan dengan baik agar menghasilkan rancangan dan implementasi yang baik pula. Pembangunan aplikasi ini menggunakan pemograman PHP dangan database MySQL.

References

[1] Dwiartara, Loka (____). Menyelam dan menaklukan samudra PHP,_____, digilib.budiutomomalang.ac.id.

[2] Solichin, Achmad. (2009). Pemograman Web dengan PHP dan MySQL, Jakarta, Universitas Budi luhur.

[3] Haviludin (2016). Aplikasi Program PHP dan MySQL, Kalimantan Timur, Mulawarman University Press.

[4] Riswandi (2019). Mudah menguasai PHP dan MySQL dalam 24 Jam, Aceh, Unimal Pess.

[5] Febriansyah, Rendi (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu di Restoran Berbasis Web Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura.

[6] Saputri, Zia Riski (2019). Rancang bangugn sistem informasi pemesanan makanan berbasis web pada cafe surabiku, Jurmal Teknologi informasi Universitas Bina Sarana Informatika.

[7] Darsiti (2022). Perancangan Apliaksi Pemesanan Makana Berbasis Web . Jurnal Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer HSSS.
Published
2022-12-30