ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN KANTOR DESA KEPENGHULUAN SUNGAI DAUN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX

  • Walhidayat Walhidayat Universitas Lancang Kuning
  • Siti Saroh Universitas Lancang Kuning
  • Muhamad Sadar Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kepuasan layanan, Customer Satisfaction index, Indeks Layanan Kantor Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelayanan Kantor Desa Kepenghuluan Sungai Daun Kabupaten Rokan Hilir menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Data penelitian diperoleh melalui survei kepada 100 orang warga yang pernah menggunakan pelayanan Kantor Desa Kepenghuluan Sungai Daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan Kantor Desa Kepenghuluan Sungai Daun secara keseluruhan berada pada kategori puas dengan nilai CSI sebesar 76,67. Faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan Kantor Desa Kepenghuluan Sungai Daun adalah faktor keramahtamahan petugas, faktor kecepatan pelayanan, dan faktor kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Kantor Desa Kepenghuluan Sungai Daun untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya, khususnya dalam hal keramahtamahan petugas, kecepatan pelayanan, dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

References

Arief. (2020). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing

Abdul Rochman & Suparto. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket XYZ Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Aris Savitri, Tedy Murtejo & Rulhendri. (2017). Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Transpakuan Bogor (Studi kasus: pelayanan di Halte Dan Pelayanan Didalam Bus Transpakuan Bogor). Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 6 Nomor 2

Faisal Nur Pembudi & Erni Martini. (2017). Analisis Service Recovery layanan Indihome Triple play kota Bandung menggunakan metode customer service Index (CSI) dan Importance performance Analysis (IPA). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Volume 15 No. 2

Ni Wayan Dewinta Ayuni, I Made Anom Adiaksa & I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Biji Salak. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Volume 13 Nomor 2

Markoni. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Sosial dan politik, Volumen 6 No. 4

Risep Khairul Umam & Niluh Putu Hariastuti. (2018). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Sains Indonesia, Volume 2, Nomor 3

Satria Wijaya, 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Volume 3 No. 1.

Sanusi Mulyo Widodo & Joko Sutopo. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Bussiness To Customer. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, Volume. 02, No. 02

Sakinah Hasibuan, Yuhelmi & Guntoro. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Pramuniaga Di Toko Suzuya The Central Pasar Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Prosiding SEMASTER, Volume 1 Nomor 1.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Teddy Candra & Devy Novia. (2019). Analysis of Service And Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) And Importance Performance Analysis (IPA) Method In “Jakarta” Optical Pekanbaru. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Volume 3, Nomor 1
Published
2023-07-26