PROTOTYPE RANGKAIAN LAMPU LED INFINITY UNTUK DESAIN INTERIOR RUMAH MENGGUNAKAN ARDUINO

  • Dego Suprianto
Keywords: Plafon Rumah, Bluetooth, Arduino

Abstract

Tujuan daripenelitian ini adalah untuk menghasilkan hasil nyata dalam memberikan kesan keindahan terhadap interior plafon rumah atau kemudahan menyalakan atau mematikan lampu yang menambah keindahan plafon rumah, Metode yang digunakan dalam pembuatan Prototype Rangkaian Lampu Led Infinity Untuk Desain Interior Plafon Rumah Menggunakan Arduino. Metode penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, penelitian kepustakaan, metode analisis, metode perancangan dan implementasi. Hasil yang dicapai adalah menambah kesan mewah terhadap interior plafon rumah dan dapat dioperasikan menggunakan android sebagai alat menghidupkan, mematikan lampu led infinity, di mana serangkaian alat ini dapat bekerja setelah perangkat bluetooth tersedia di smartphone android. terhubung ke modul bluetooth yang terhubung ke mikrokontroler arduino. Pada dasarnya penggunaan prinsip dari alat ini pengguna harus dapat mengoperasikan smartphone berdasarkan sistem operasi Android. Kesimpulannya adalah peralatan ini sudah teruji dan dapat digunakan sebagai pengontrol cahaya smartphone android ringan melalui koneksi Bluetooth tanpa harus menekan tombol lampu.

References

Andika Jaya Andreas,Perancangan Interior Pusat Informasi Sepak Bola Gelora Bung Tomo di Surabaya, Surabaya, 2015.

Cerdas, Gerai. Bluetooth ModuleHC-06.http: // www. Geraicerdas. Com / produk -terbaru/bluetooth-module-hc-06-detail.10 Maret 2015.

Jufri Ahmad,Rancang Bangun dan Implementasi Kunci Pintu Elektronik Menggunakan Arduino dan Android,STT STIKMA, Malang, 2016.

Muladi yuda”et al”, Rancang bangun Akses kontrol pintu gerbang berbasis arduino dan android,, FPTK UPI, Bandung, 2014.

Rofiq Muhammad, M.Yusron, Perancangan sistem kontrol dan monitoring lampu dengan memanfaatkan teknologi bluetooth pada smartphone android, 1 februari 2014, STMIK ASIA Malang, Malang, 2014.

Sadi sumardi”et al”, Sistem keamanan buka tutup kunci brankas Menggunakan bluetooth hc – 05 Berbasis arduino mega 2560, Desember, Universitas Muhamadiyah Tanggerang, Tanggerang, 2017.

Suhardi Diding,Prototipe controller lampu penerangan Led (light emitting diode) independent bertenaga surya, September, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 2014.

Taruna Ketiawan Eva,Pengendalian lampu rumah berbasis mikrontroler arduino menggunakan smartphone android, STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Pangkalpinang.
Published
2019-07-10