PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN SEBAGAI PENUNJANG MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR BUPATI KUANTAN SINGINGI

  • Eko Wiranto
Keywords: Kepegawaian, Aplikasi, Sistem

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi merupakan pemekaran dari Kabupaten Indragiri Hulu, setelah dikeluarkannya Undang-undang Nomor 53 tahun 1999, Kabupaten Indragiri Hulu dimekarkan menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi dengan ibu kotanya berkedudukan di Teluk Kuantan. Pada Kantor Bupati Kuantan Singingi belum ada sistem untuk mengetahui secara jelas seluruh pegawai yang ada pada kantor Bupati Kuantan Singingi sehingga untuk mengetahui seluruh pegawai harus melewati bagian masing-masing sehingga ini dirasa kurang efektif dan akan mengahabiskan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan data-datanya. Permasalahan yang dihadapi yaitu menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan data seluruh pegawai yang ada pada Kantor Bupati Kuantan Singingi dan seringnya terjadi kehilangan dan kerusakan data kepegawaian yang ada pada Kantor Bupati Kuantan Singingi. Menghasilkan suatu sistem yang terkomputerisasi dalam mengolah data pegawai yang ada pada Kantor Bupati Kuantan Singingi. Dengan aplikasi yang dibangun akan mengurangi pengunaan waktu dalam mengumpulkan data pegawai yang ada pada Kantor Bupati Kuantan Singingi dikarenakan sistem yang dibangun lebih efektif dalam mengolah data yang ada. Dengan sistem yang dibangun ini akan mengurangi dampak kehilangan data pegawai dan kerusakan data pegawai dikarenakan data di simpan dalam database sistem kepegawaian pada Kantor Bupati Kuantan Singingi dan jika sewaktu-waktu membutuhkan data pegawai bisa dengan cepat ditemukan.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Harianja, H. (2018). Perancangan Aplikasi Rawat Jalan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Benai. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 8-24.

Jeffry Andian Suhendra dan Dafid. (2016). "Sistem Informasi Kepegawaian Pada PT. Dutakreasi Bersama Realtindo Palembang" Jurusan Sistem Informasi.

Keyko Riskian Perdana, Bambang Eka Purnama, M.Kom Siska Iriani. (2014). "Pembangunan Sistem Informasi Data Kepegawaian Pada Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pacitan" Journal on Networking and Security, ISSN: 2302-5700.

Mohamad Reza Fachlevi dan R. Fenny Syafariani. (2017). "Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Website Di Bagian Kepagawaian Sdn Binakarya I Kabupaten Garut" Jurnal SIMETRIS, Vol 8, No 2, ISSN: 2252-4983.

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, 2(2), 45-51.
Published
2019-07-10