SISTEM INFORMASI KEHADIRAN DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI (FINGERPRINT ) PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI

  • Handik Irvan Syahandani
Keywords: Sidik Jari, Absensi, Sistem, Laporan

Abstract

Mesin absen sidik jari atau fingerprint adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengetahui dan mendata kehadiran dengan mengidentifikasi tekstur sidik jari sebagai media pendataan. Dengan alat absen canggih ini data kehadiran secara akurat dan otomatis.Standar absensi Dosen dan staf Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi  sejauh ini masih menggunakan sistem manual dengan tanda tangan di kertas yang memiliki banyak kekurangan, dan sampai saat ini belum ada perubahan untuk memperbaiki standar absensi tersebut.Untuk mengatasi semua masalah yang ada tersebut maka diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi agar semua hal yang berhubungan dengan absensi bisa diatasi dengan mengunakan sistem.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan baik bagi dosen maupun staf fakultas teknik dalam mengatur mengatur sistem absensi dan meningkatkan efisiensi dalam pembuatan laporan absensi.

References

Abdulloh Fakih, Indra Kharisma Raharjana, dan Badrus Zaman. 2015. “Pemanfaatan Teknologi Fingerprint Authentication untuk Otomatisasi Presensi Perkuliahan”, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 1, No. 2 : 41-48.

Alfien S.Rintjap, Sherwin R.U.A, Sompie ST., MT, dan Oktavian Lantang ST., MTI. 2014. “Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado”, e-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014), ISSN: 2301-8402 : 1-5.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Catur Fifti Anas Sari, dan Lies Yulianto. 2013. “Perancangan Sistem Informasi Absensi Menggunakan Finger Print di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal Kabupaten Pacitan”, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, Vol 2, No : 1-7.

Gat. 2016. “Integrasi Fingerprint System Dengan Real Time Absensi Dosen Berbasis Web (Studi Kasus : STMIK Pontianak)”, Cogito Smart Journal, VOL. 2, NO. 2 : 135-146.

Jajam Haerul Jaman, dan Garno. 2017. “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PRESENSI MENGGUNAKAN SIDIK JARI UNTUK PEGAWAI NEGERI KABUPATEN KARAWANG”, Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Vol 2, No:1 : 32-38.

Junaidi, Ladyca Anugrah, dan Adhitya Dwi Pancasakti. 2015. “Model Aplikasi Monitoring Sistem Absensi Sidik Jari Sebagai Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai”, Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015 STMIK STIKOM Bali : 938-942.

Wikaria Gazali, dan Alexander Agung Santoso Gunawan. 2012. “ANALISIS DAN PEMBUATAN SISTEM PENGENALAN SIDIK JARI BERBASIS KOMPUTER DI POLDA METRO JAYA”, Jurnal Mat Stat, Vol. 12, No. 1 : 55-65.
Published
2019-07-10