IMPLEMENTASI METODE CLARK DAN YOUNG UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK-ANAK

  • Lestari Lestari
Keywords: Obat, Dosis, Clark, Young

Abstract

Bidang kesehatan, obat digunakan secara rasional meliputi pemberian obat kepada pasien sesuai dengan jenis penyakit dan dosis serta penggunaannya untuk maksud pencegahan dan pengobatan, demi keamanan dan khasiat terapi yang diharapkan. Banyak obat beredar, sementara   daya   ingat   seorang   tenaga medis   terbatas   untuk   mengingat   semua   jenis   obat, kontraindikasi obat beserta dosisnya, maka diperlukan program sistem pendukung keputusan sebagai alat bantu tenaga medis untuk menentukan dosis obat yang akan diberikan kepada anak-anak. berdasarkan diagnosis penyakit dari gejala-gejala dari pasien. Dalam  hal  ini,  untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan metode Clark dan Young yang dapat digunakan untuk menghitung dosis obat pada anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah system  sehingga  bisa  membantu tenaga medis untuk menentukan dosis obat pada anak-anak .

References

Abdul Kadir. 2014. Dasar Perancangan Dan Inplementasi Database Relasional. Penerbit Andi.

Al Fatta H. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Haswan, F. (2017). Decision Support System For Election Of Members Unit Patients Pamong Praja. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 21-25.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Tata Sutabri. 2012. Konsep Sistem Informasi. penerbit Andi.
Published
2019-07-10