APLIKASI DATA TEKNIS JARINGAN FIBER OPTIK (FO) LINTASARTA PADANG MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS GIS

  • Maya Nila Pertiwi
Keywords: Client Server, Android, Googlemaps, GIS

Abstract

Teknologi informasi pada zaman sekarang termasuk kedalam sebuah kebutuhan yang diperlukan untuk peningkatan produktivitas pada setiap kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Smartphone merupakan salah satu teknologi yang dapat mempermudah aktivitas manusia dalam komunikasi, pencarian informasi ,pengambilan keputusan dan mempermudah pekerjaan melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone. Aplikasi data teknis jaringan Fiber Optik (FO) Lintasarta Padang menggunakan Android berbasis GIS, merupakan salah satu aplikasi pengolahan data menggunakan smartphone android yang berbasis client server, yang mana data tersebut disimpan pada database MySQL yang terdapat di Server Lintasarta padang. Aplikasi ini juga mendukung GIS, yaitu menampilkan informasi lokasi, jarak, dan waktu yang terintegrasi ke googlemaps api, sehingga informasi lokasi ditampilkan dalam bentuk peta geografis. Aplikasi ini juga menggunakan fitur GPS untuk mendapatkan koordinat lokasi.

References

Alfian Chandra Yudiananta, “Rekayasa Mobile GIS Rute Bus Rapid Transit Semarang Berbasis Android Menggunakan Algoritma Floyd Warshall,” Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2015.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Andi Juansyah, 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android”, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (Komputa), Vol.1:1-8.

Drs. Hermansyah Sembiring, M.Kom dan Nurhayati, S.Kom, M.Kom, 2012. “Sistem Informasi Jumlah Angkatan Kerja Menggunakan Visual Basic pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Langkat”, Jurnal Kaputama, Vol.1, No.2:13-19.

Faya Mahdina dan Fiftin Noviyanto, 2013. “Pemanfaatan Google Maps API untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web”, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol.1, No.1:162-171.

Hasan Abdurahman dan Asep Ririh Riswaya, 2014. “Aplikasi Pinjaman Pembayaran secara Kredit pada Bank Yudha Bhakti”, Jurnal Computech dan bisnis, Vol.8, No.2:61-69.

Redi Mulyana dan Mohammad Ridwan, 2017. “Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Client-Server pada PT. Radio Nasional Buana Suara”, Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol.5:172-133.

Rojali Soni Afandi dan Erik Hadi Saputra, 2013. “Aplikasi Mobile Informasi Kafe 24 Jam di Yogyakarta Berbasis Android”, Jurnal Ilmiah DASI,Vol.14, No.04:49-53.

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, 2(2), 45- 51.

Tommy Teguh Saputra, Beni Irawan dan Irhansya, 2014. “Aplikasi Antrian Nasabah Bank Menggunakan Teeks dan Suara Berbasis Jaringan Wireless Local Area Network (WAN)”, Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, Vol.02, No.2:68-75.

Yuhendra,M.T,Dr.Eng dan Riza Eko Yulianto, 2015. “Rekayasa Perangkat Lunak Pengolahan Data Distribusi Obat-obatan di PT. Anugrah Pharmindo Lestari Berbasis Web”, Jurnal Momentum, Vol.17, No.2:68-75.
Published
2019-07-10