SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN CABAI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

  • Rozi Irnaldi
Keywords: Cabai, System Pakar, Android, Forward Chaining

Abstract

Peningkatan hasil cabai tentu tidak terlepas dari produktifitas yang baik, peningkatan akan menurun jika banyak tanaman cabai yang terserang penyakit.  Selama ini untuk mengetahui penyakit tanaman cabai masyarakat atau orang awam hanya melihat  penyakitnya saja tanpa mengetahui terlebih dahulu gejala yang di alami. Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan pakar yang mengerti tentang penyakit cabai. Untuk menjawab permasalahan itu akan di bangun sebuah aplikasi system pakar menggunakan android, system pakar dipakai disegala bidang salah satunya pada bidang tanaman pangan. Manfaat system pakar pada bidang tanaman pangan salah satunya adalah memudahkan petani dalam hal mendeteksi penyakit pada pada cabai  tanaman  sehingga petani  dapat  mengetahui  jenis  penyakit  dan cara penanganannya secara cepat tanpa harus menunggu tenaga ahli yang memiliki kompetensi dibidang itu.

References

Agtian Muhammad Ricky Tanshidiq, Anggit Dwi Hartanto, Donni Prabowo. 2017.“Penerapan metode forward Chaining pada aplikasi system pakar diagnose penyakit pada tanaman bunga kamboja (Adenium)”. Vol.18 No.2.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2005). Fuzzy Logic Untuk Menghitung Tingkat Kesuburan Tanah Terhadap Tanaman Cabe. Jurnal Saintikom UNIKS, 1(2), 71-87.

H, Febri. (2016). Sistem Pakar Dalam Menganalisa Penyakit Pada Ikan Lele. Jurnal Saintikom UNIKS, 1(2), 165-180.

Ian Muhlisin. 2015. “Sistem pakar identifikasi penyakit dan hama tumbuhan The dengan metode Forward Chaining berbasis Android”. Vol. 3 No 1.

Krismiaji, 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Published
2019-07-10