SISTEM INFORMASI PENYEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH BERBASIS WEB DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Santi Santi
Keywords: Demam Berdarah, Penyebaran Penyakit, Dinas Kesehatan

Abstract

Demam Berdarah merupakan jenis penyakit menular yang sering menimbulkan kejadian luar biasa di Kabupaten Kuantan Singingi. Kabupaten Kuantan Singingi merupakan salah satu wilayah yang pada setiap tahunnya mengalami peningkatan penyebaran penyakit Demam Berdarah yang cukup pesat. pengolahan data penyakit demam berdarah di dinas kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi dimana pada pengolahan datanya masih bersifat manual. Hasil dari data laporan dari masing-masing puskesmas di rekap sehingga dapat diketahui daerah-daerah mana saja yang terjangkit penyakit demam berdarah yang nantinya akan dijadikan sebuah hasil laporan penyebaran penyakit demam berdarah yang terjadi di Kabupaten kuantan singingi yang akan ditujukan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi. Survei dilakukan pada 1 (satu) tahun terakhir pada setiap Kecamatan di Kabupaten  Kuantan Singingi. Dengan sistem yang baru ini dapat mempermudah para pegawai Puskesmas dan Dinas kesehatan untuk mengolah data kasus penyakit demam berdarah yang ada pada Kabupaten Kuantan Singingi dan dapat mempermudah memberikan informasi untuk masing-masing wilayah yang terjangkit penyakit demam berdarah melalui sistem yang dibangun.

References

Achmad Hendiyanto, Zainul Arham dan Eva Khudzaeva. (2017). "Rancang Bangun Sistem Informasi Spasial Persebaran Peternakan Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Depok)"Jurnal Sistem Informasi, P-ISSN 1979-0767.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2005). Pemetaan Daerah Endemik Filariasis Di Kabupate Kuantan Singingi. Jurnal Saintikom UNIKS, 1(1), 14-24.

Jogiyanto, Analisis dan Disain Sistem Informasi, ANDI OFFSET Yogyakarta, 1990.

Tri Wahyu Herlambang, Ismiarta Aknuranda dan Mochamad Chandra Saputra. (2017). "Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web Berdasarkan Model Organisasi Dan Manajemen Kesehatan Primer “ANDAL”"Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 4, e-ISSN: 2548-964X.

Ummi Athiyyah Yuniarti, Bambang Sudarsono dan Arwan Putra Wijaya. (2014). "Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue Berbasis Web (Studi Kasus : Kabupaten Kudus)". Jurnal Geudesi Undip. Volume 3, Nomor 3, Tahun 2014, ISSN : 2337-845X.

Winda Aprianti dan Umi Maliha. (2016). "Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut"Jurnal Sains dan Informatika Volume 2, Nomor 1, ISSN: 2460-173X.
Published
2019-07-10