SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BUTA WARNA BERBASIS ANDROID

  • Titis Weilian Sefmi
Keywords: Sistem Pakar, Buta Warna, Android

Abstract

Buta warna adalah berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang umumnya diturunkan kepada anak dari orang tua sejak dilahirkan.Buta warna terjadi karena ada gangguan pigmen pada reseptor penglihatan warna (sel kerucut di mata).Tes buta warna saat ini sangat dibutuhkan bagi dunia industry, pendidikan, maupun pemerintahan.Hal ini disebabkan oleh ketergantungan manusia dalam pekerjaan atau pendidikan yang erat sekali berhubungan dengan warna.Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti merancang suatu sistem tes buta warna berbasis android.dimana sistem tersebut menggunakan aplikasi Android Studio, Dengan adanya sistem ini diharapkan dapatmembantu mendeteksi buta warna melalui tes yang dilakukan dengan mengikuti setiap perintah yang ada dalam system yang peneliti buat.

References

Adhi Kusnadi, 2014.” Perancangan Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit pada Manusia” Vol 4 No 1 ISNN 2085-4552.

Arief Kelik Nugroho, Nofiyati, Nur Chasanah,2017.”Desain Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Mata Sebagai Penunjang PemeriksaanGangguanPenglihatan”.

Dika Putri Meta Lica, Maimunah,2014.”APLIKASI TESBUTA WARNA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ISHIHARA” .

Nur hamid, kusworo adi,2015.” Penentuan tingkat buta warna dengan metode segmentasi ruang warna fuzzy dan rule-based forward chaining pada citra ishihara” vol 4 No 2 ISNN 2302-7371.

Riza Afkarina, Manal, Moechamad Sarosa, Hudiono,2017.” RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN WARNA OBJEK BAGI PENYANDANG BUTA WARNA BERBASIS WEB” vol 3 ISNN 2477-2097.

Wiwi verina azzahra,2015.” Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT” vol 1 No 2 ISNN 2407-4322.
Published
2019-07-10