SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENERAPKAN METODE SIMPLE MULTI ATRIBUT RATING TECHNIQUE (SMART) DALAM MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 SENTAJO RAYA)

  • Trimadani Trimadani
Keywords: SMART, Siswa Berprestasi, Keputusan, Nilai, Metode

Abstract

Metode Simple Multi Atribut Rating Technique (SMART) adalah salah satu  Metode Penunjang Keputusan yang memiliki kiteria atau atribut tertentu yang di gunakan sebagai media penggambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode SMART untuk menentukan siswa berprestasi di kelas pada SMA N 1 Sentajo Raya. Selama ini siswa berprestasi hanya di lihat dari nilai rapor,  padahal banyak kiteria lain yang bisa di jadikan pedoman untuk menentukan siswa berprestasi seperti kehadiran, kelakuan, kerapian, kerajinan. Dengan membuat sistem ini diharap kan wali kelas dapat lebih mudah menentukan siswa berprestasi secara objektif. Selain itu kemungkinan terjadinya kesalahan (human error) saat pengolahan data siswa lebih kecil karena sistem ini di buat sesederhana mungkin agar mudah di gunakan dan dapat lebih menghemat waktu.

References

Budi Prasetyo, Timothy John Pattiasina, dan Anggya Nanda Seotarmono. 2015. “Perancangan dan pembuatan Sistem Informasi Gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat)”, Jurnal TEKNIKA, Vol. 4, No. 1 : 12-16.

Dini Hariyati, Ricky Akbar, Meza Silvana. 2017. “Pembangunan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh”, Jurnal Teknologi Sistem Informasi, Vol. 03, No. 03 :353-359.

Dwi Novianti, Indah Fitri Astuti, dan Dyna Marisa Khairina. 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Cafe Menggunakan Metode SMART (Simple Multi –Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda)”, Prosiding Seminar Tugas Akhir FMIPA UNMUL 2016,: 461-465. ISBN :978-602-72658-1-3.

Hajra Rasmita, Hamzah Rudji, dan Syaiful Hendra. 2017. “Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) dalam Pemilihan Hotel di Kota Palu”, Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, Vol. 1 : 1-1.

Heliza Rahmania Hatta, Budi Gunawan, dan Dyna Marisa Khairina. 2017. “Pemilihan Pemain Terbaik Futsal Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Studi Kasus : Turnamen Futsal di Samarinda”, Jurnal Informatika, Vol. 11, No.1 : 1-8.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Muhammad Auliya B, Yan Watequlis S, dan Imam Fahrur R. 2015. “Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SMART (Simple Multi –Attribute Rating Technique)”, Jurnal Informatika Polinema, Vol. 1, No. 4 : 34-40.

Rizal Ariestya Indrianto, dan Umi Rosyidah. “ Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Siswa Baru Pada SMK Negeri 3 Jepara Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)”, hal : 1-9.

Sutejo. 2016. “Pemodelan UML Sistem Informasi Geografis Pasar Tradisional Kota Pekanbaru”, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7, Nomor 2 : 89-99.
Published
2019-07-10