EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN SARANA PRASARANA PROGRAM SANIMAS DI DESA PULAU BARU KECAMATAN KUANTAN HILIR SEBERANG

  • Sandi Reonaldi
Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Program Sanimas

Abstract

Akses terhadap air bersih dan layanan sanitasi bersih adalah hak asazi manusia dan juga kebutuhan mutlak setiap orang.Sama halnya dengan pendidikan, kesehatan merupakan kebutuhan mendasar yang penting bagi setiap manusia.Manusia tidak hanya cukup berinvestasi bagi pendidikan, tetapi juga kesehatan. Pemeliharaan kesehatan khususnya terhadap sanitasi seperti akses air bersih dan jamban sangat berlu untuk dibudidayakan. Sebab, sanitasi yang sehat merupakan kunci untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk Partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana program SANIMAS di Desa Pulau Baru dan tingkat partisipasi masyarakat. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Bentuk partisipasi masyarakat dalam Program SANIMAS Sanitasi Berbasis Masyarakat untuk saat ini berupa Tenaga 25 orang, Barang 13 orang, Uang 13 orang, Keterampilan dan Pikiran dari ke lima bentuk partisipasi ini yang paling mendominasi adalah partisipasi berupa tenaga. dan dari 5 bentukĀ  yang tergolong pada tingkat partisipasi fungsional. Disarankan agar kepada pemerintah masih perlu dilakuakan sosialisai mengenai pentingnya pengembangan organisai terutama bagi masyarakat yang ada di Desa Pulau Baru dan secara keseluruhan aspek taknik operasional, kelembagaan, pembiayaan dan peran serta masyarakat agar ditingkatkan lagi dan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfaatan dan pemeliharaan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) untuk kedepannya.

References

Adisasmita, Rahardjo. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

BPPT (Badan pengkajian dan penerapan teknologi). 2008. Pengelolaan air limbah domestik di DKI Jakarta, Jakarta.

Chandra, Budiman. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta : Kedokteran EGC.

David, FR. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta (ID) : Salemba Empat.

Hartoyo, Sri. 2017. Petunjuk Teknis SANIMAS IDB (Islamic Development Bank). Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Mantra, Ida Bagoes. 2000. Demografi Umum. Yogyakarta. : Pustaka Pelajar. Kar, Kamal dan R. Chambers. 2008. Handbook on Communi.

Trisnawati, A. (2008). Evaluasi Program Sanimas. Kediri: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Utomo, N. (2014). Bergerak Bersama untuk Sanitasi Indonesia. Jakarta: Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan.
Published
2019-07-10