PENGARUH PEMBANGUNAN JEMBATAN PANGEAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT KECAMATAN PANGEAN

  • Rangga Heska Jansix Amrullah
Keywords: Pengaruh, Pembangunan Jembatan, Perekonomian Masyarakat

Abstract

Seiring perkembangan zaman, maka jembatan tidak hanya dipandang sebagai alat penghubung antara tempat satu dengan tempat yang lain, melainkan sebagai sarana untuk memperlancar kegiatan manusia, penunjangan pertumbuhan perekonomian masyarakat, serta membantu berkembangnya suatu daerah yang selama ini sulit diakses, khususnya Kecamatan Pangean di bagian selatan. Melihat permasalahan yang ada, maka pemerintah membangun jembatan untuk mengatasi masalah yang terjadi di Kecamatan Pangean tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembangunan jembatan Pangean terhadap perekonomian masyarakat Kecamatan Pangean di bagian selatan. Metode penelitian yang di gunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan jembatan Pangean sangat berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian masyarakat Kecamatan Pangean di bagian selatan, karena keberadaannya untuk mempermudah melakukan kegiatan perekonomian yaitu lebih leluasa mendistribusikan hasil pertanian atau hasil kebun, hasil tambang dan hasil tambak yang di garap oleh masyarakat untuk di pasarkan keluar dari desa Pangean di bagian selatan menuju Kabupaten Kuantan Singingi bahkan keluar dari Kabupaten dan juga telah mendorong pertumbuhan dan berkembangannya usaha-usaha baru, hal ini terjadi akibat akses jalan yang mudah.

References

Arys Suharyanto, 2007. Dampak Keberadaan IPB Terhadap Ekonomi Masyarakat Sekitar Kampus Dan Konstribusinya Terhadap Perekonomian Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor.

Glasson, Jhon. 1997. An Intruduction to Regional Planning.Hutchnison Educational, London.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. 1997:747. Balai Pustaka, Jakarta.

Mohammad Efendi, 2013. Dampak Pembangunan Jembatan SuramaduTerhadap Perekonomian Pulau Madura.Universitas Diponogoro, Semarang.

Septian Anhar lubis, 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara, Medan.

Struyk, H.J. 1984. Jembatan.Pradnya Paramita, Jakarta.

Tambunan, 2007. Daya Saing Indonesia Dalam Menarik Investasi Asing Juga Membuktikan Adanya Hubungan Kointegrasi Dan Kausalitas (dua arah) antara Penanaman Modal Asing dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.Universitas Sumatra Utara, Medan.

Tarigan, R. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2019-07-10