KAJIAN IMPLEMENTASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PROGRAM RUMAH LAYAK HUNI (RLH) DI KECAMATAN BENAI

  • Risa Harianti
Keywords: Implementasi, Program Rumah, Layak Huni

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah proses penerapan atau implementasi program penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Benai dengan salah satu programnya yaitu program bantuan rumah layak huni berdasarkan keluaran kebijakan, kepatuhan kelompok sasaran, dampak nyata kebijakan dan persepsi terhadap dampak. Didalam penelitian ini penulis menggunakan data pimer data sekunder sebagai acuan untuk mengambil sumber data. Dalam melakukan analisis data penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh dianalisa dengan menguraikan serta mengaitkan dengan teori-teori yang sesuai dengan permasalahan yang ada, kemudian penulis menginterpretasikan terhadap hasil yang relevan untuk diambil kesimpulan dan saran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat dikatakan bahwa implementasi penanggulangan kemiskinan melalui program rumah layak huni di kecamatan Benai sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan bupati kabupaten kuantan singingi no.5 tahun 2017. Adapun hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terhadap program.

References

Abdul Wahab, Solichin.2001. Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwas, Oos M. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rieneke Cipta.

Hutahean, Marlan.1997. Implementasi Kebijakan IDT Di Kabupaten Daerah Tingkat II Sleman (Studi Kasus Di Desa Wakirharjo Kecamatan Prambanan, Tesis magister). Program Studi Magister Administrasi Public Program Pasca Sarjana UGM: Yogyakarta.

Mardikonto, Totok.2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mardimin. 1996. Dimensi Kritis Proses Pembangunan di Indonesia. Yogyakarta. Kanisius.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nofitri. 2009. Gambaran Kualitas Hidup Penduduk di Jakarta. Depok. Universitas Indonesia.
Published
2019-07-10