SISTEM INFORMASI AKREDITASI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MUHAMMADIYAH CERENTI

  • Yusmi Yarni Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Elgamar Syam Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Manajemen, Akreditasi, MTs Muhammadiyah Cerenti

Abstract

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian kelayakan suatu sekolah berdasarkan kriteria yang telah di tetapkan dan dilakukan oleh badan akreditasi nasional/madrasah (BAN-SM) yang hasilnya di wujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan.Akreditasi sekolah dapat menjadi upaya peningkatan produktivitas sekolah serta penjamin mutu sekolah satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrisi perencanaan akreditasi, pengorganisasian akreditasi,pelaksanaan akreditasi.Penelitian ini di laksakan di Mts Muhammadiyah Cerenti. Penelitian ini termasuk jenis deskripsi dengan menggunakan pendekatan kualitatif,teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan kepala sekolah dan guru,observasi(data akreditasi)dan dokumentasi (foto dan file persiapan akreditasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)perencanaan akreditasi Mts Muhammadiyah Cerenti yaitu rapat kegiatan untuk menciptakan proses kerja akreditasisecara terstruktur dan teroganisir dengan baik,(2) pengorganisasian Mts Muhammadiyah Cerenti sudah sangat baikhal ini terlihat dari terbentuknya struktur organisasi dan tim akreditasi yang mempunyai tujuan masing-masing,(3)pelaksanaan akreditasi di Mts Muhammadiyah Cerenti memenuhi kelengkapan dokumen akreditasi sampai pada proses penilaianoleh tim visitasi yang mana kepemimpinan,motivasi,dan komunikasi dilalukan dalam proses pelaksaan akreditasi di Mts Muhammadiyah Cerenti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husna R. and Lellya I. (2023). Sistem Informasi Manajemen Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur. Journal Of Education. Vol. 3 No. 2. e-ISSN: 2808-4721

Hamzah dan Waluyo J (2022). Optimalisasi Pelaksanaan Akreditasi Madrasah Sebagai Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Honai. Volume 04. Nomor 2.

Dinihari Y., Suseno M. and Setiadi S. (2021). Evaluasi Hasil Akreditasi Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah PGSD. Volume V No.2. ISSN : 2579 – 6151. e-ISSN : 2614 – 8242.

Noer Z. M. dan Ramadhan A. (2019). Sub Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Mjps 3 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika. Vol 7. No. 1. PISSN : 2338-1477 – EISSN : 2541-6375

Marta R. dan Vallindra D. R. (2023). Sistem Informasi Penilaian Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. Vol. 11. No. 2. P- ISSN: 2302-3295. E-ISSN : 2716-3989

Hidayat T., Nasikhah A. D. dan Hariyanto E. (2023). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Pada MTS NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal. Jurnal Teknik Informatika Dan Desain Komunikasi Visual. Volume 2. Nomor 2. ISSN 2809-4662

Rahmatuloh M. dan Revanda M. R. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 14. No. 1.

Andhika D. I. dkk (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dokumen Pada PT. Reasuransi Indonesia Utama. Jurnal Jitek. Vol 2. No. 2. P-ISSN : 2809-9249 E-ISSN : 2809-9230

Tumini dan Fitria M. (2021). Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning Stmik Cikarang Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Informatika SIMANTIK. Vol. 6. No. 1. ISSN: 2541-3244

Suhartini, Sadali M. dan Putra Y. K. (2020). Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter. Jurnal Informatika dan Teknologi. Vol. 3. No. 1. e-ISSN 2614-8773

Rasyid R. R., Mubarak A. dan Tempola F. (2022). Sistem Informasi Akreditasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Informatika Di Kota Ternate. Jurnal Jaringan dan Teknologi Informasi. Vol. 1. No. 1.

Widiyanto dan Wahyuningsih S. S. (2022). Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Jarak Jauh. jurnal lembaran ilmu kependidikan. p-ISSN 0216-0847. e-ISSN 2460-7320

Sugiyani Y. dkk (2019). Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Website (Studi kasus di Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang). Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang. ISSN : 2549-0710

Published
2025-07-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times