SISTEM INFORMASI KOMODITI TANAMAN PANGAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS WEB

  • Diki Airlangga
Keywords: Sistem Informasi, Tanaman Pangan, Web, User

Abstract

Sistem informasi komoditi tanaman pangan di Kabupaten Kuantan singingi masih tersimpan dalam buku-buku dan ataupun berkas-berkas yang sangat terbatas keefektifannya. Metode penyampaian informasi secara komputerisasi dan jaringan internet merupakan solusi yang perlu dicoba untuk mengatasi masalah aliran informasi di atas. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat membantu proses penyampaian, penyimpanan, serta pengawasan terhadap informasi yang ditampilkan dalam bentuk web. Sistem dirancang berorientasikan pada user menggunakan bahasa pemrograman PHP, web database MySQL serta webserver Apache. Sistem ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas aliran informasi khususnya informasi komoditi tanaman pangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran serta jenis komoditi unggulan tanaman pangan di setiap kecamatan di Kabupaten Kuantan singingi. Penyebaran serta jenis komoditi tersebut tergantung pada topografi, dan tingkat harga dan permintaan pasar di daerah tersebut.

References

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Firtman, M. 2013. Programming the Mobile Web. United States of America:O’Relly Media

Irawan, Y. 2011. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Web Application. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

Kadir, Abdul. 2013. Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula Solusi Lengkap Pembuatan Aplikasi Web Menggunakan Php, JQuery dan CSS. Yogyakarta : Mediakom.

Kementerian Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, Direktorat Aneka Kacang dan Umbi.2013. Tingkatkan Mutu dan Potensi Kedelai. Jakarta

Nopriandi, H. (2018). Perancangan sistem informasi registrasi mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 73-79.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Purwanto, Yudhi. 2001 Pemrograman Web dengan PHP. Jakarta : P.T. Elex Media Komputindo.

Teknik Mudah Membangun Website Dengan HTML, PHP & MySQL. Yogyakarta : Andi Offset. 2000.
Published
2019-12-30